IMPLEMENTASI KEGIATAN TAHFIDZ AL-QUR’AN MELALUI PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN SISWA DI MA AL UMMAH DIWEK JOMBANG

Hidayah, Nazilatul and Hasan, Moch. Sya'roni (2025) IMPLEMENTASI KEGIATAN TAHFIDZ AL-QUR’AN MELALUI PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN SISWA DI MA AL UMMAH DIWEK JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2020.112.01.4243_COVER.pdf] Text
2020.112.01.4243_COVER.pdf

Download (833kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4243_ABSTRAK.pdf] Text
2020.112.01.4243_ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4243_BAB I.pdf] Text
2020.112.01.4243_BAB I.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4243_BAB II.pdf] Text
2020.112.01.4243_BAB II.pdf

Download (967kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4243_BAB III.pdf] Text
2020.112.01.4243_BAB III.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4243_BAB IV.pdf] Text
2020.112.01.4243_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[thumbnail of 2020.112.01.4243_BAB V.pdf] Text
2020.112.01.4243_BAB V.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4243_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
2020.112.01.4243_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan karakter siswa dalam dunia pendidikan, khususnya karakter kedisiplinan dan kemandirian yang saat ini menjadi perhatian utama dalam pendidikan Islam. Salah satu upaya strategis yang dilakukan adalah melalui implementasi kegiatan tahfidz al-Qur’an melalui program boarding school. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan tahfidz al-Qur’an melalui program boarding school serta bagaimana dampaknya dalam meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian siswa di MA Al Ummah Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru pembimbing tahfidz, dan siswa program tahfidz. Adapun teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. implementasi kegiatan tahfidz al-Qur’an melalui program boarding school dilaksanakan melalui tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan secara sistematis dengan menetapkan jadwal, target hafalan, dan rekrutmen pengajar. Tahap pelaksanaan meliputi kegiatan halaqoh rutin, metode talaqqi, murojaah, dan sima’an yang terintegrasi dalam jadwal harian santri. Evaluasi dilakukan melalui buku monitoring, ujian hafalan, dan laporan berkala. 2. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian siswa, terlihat dari perubahan perilaku siswa dalam mengatur waktu, menyelesaikan hafalan, serta tanggung jawab terhadap tugas pribadi dan ibadah. Dengan demikian, kegiatan tahfidz al-Qur’an melalui program boarding school dapat menjadi strategi efektif dalam pembentukan karakter siswa, khususnya dalam aspek kedisiplinan dan kemandirian. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi lembaga pendidikan Islam dalam merancang program serupa untuk memperkuat karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nazilatul Hidayah
Date Deposited: 21 Oct 2025 22:30
Last Modified: 21 Oct 2025 22:30
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item
View Item