PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 2 MOJOWARNO

Ba, Aisa and Khudriyah, Khudriyah (2024) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 2 MOJOWARNO. S1 thesis, STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2020.112.01.4803_COVER.pdf] Text
2020.112.01.4803_COVER.pdf

Download (997kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4803_ABSTRAK.pdf] Text
2020.112.01.4803_ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4803_BAB I.pdf] Text
2020.112.01.4803_BAB I.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4803_BAB  II.pdf] Text
2020.112.01.4803_BAB II.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4803_BAB III.pdf] Text
2020.112.01.4803_BAB III.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4803_BAB IV.pdf] Text
2020.112.01.4803_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of 2020.112.01.4803_BAB V.pdf] Text
2020.112.01.4803_BAB V.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4803_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
2020.112.01.4803_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu intensitas penggunaan media sosial (X) dan prestasi belajar (Y). Penelitian ini dilatar belakangi penggunaan situs jejaring sosial yang berkelebihan dapat menurunkan motivasi belajar peserta didik. Menurunnya motivasi belajar peserta didik mengakibatkan prestasi belajar mereka menurun. Hal ini disebabkan karena kebanyakan peserta didik yang telah bergabung dengan situs jejaring siosial lebih banyak menghabiskan waktunya untuk membuka situs jejaring ini dari pada belajar. Selain itu penggunaan situs ini juga dapat mengubah gaya hidup, bahkan mengubah cara perilaku, berkomunikasi dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Dengan maraknya penggunaan media sosial disemua kalangan termasuk dikalangan peserta didik belakangan ini. Permasalahan ini juga terjadi di SMPN 2 Mojowarno yang dimana banyak siswa yang aktif menggunakan media sosial dan prestasi belajar siswa standar. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui intensitas penggunaan media sosial di SMPN 2 Mojowarno, 2) untuk mengetahui prestasi belajar PAI peserta didik di SMPN 2 Mojowarno, 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar PAI peserta didik di SMPN 2 Mojowarno. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik angket/ kuesioner dengan dilakukan teknik analisis data regeresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: a. Intensitas penggunaan media sosial di SMPN 2 Mojowarno dapat dinyatakan sedang yaitu dari 73 responden yang tergolong sedang sebanyak 29 responden. Hal ini ditunjukan pada kategori skor 73,47 ≤ X < 82,54. b. Prestasi belajar PAI peserta didik di SMPN 2 Mojowarno dapat dinyatakan sedang yaitu dari 73 responden yang tergolong sedang sebanyak 34 responden. Hal ini ditunjukan pada kategori skor 81,69 ≤ X < 88,00. c. Ada pengaruh antara intensitas penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar peserta didik di SMPN 2 Mojowarno. Berdasarkan dari hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < α (0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis kerja (H1) diterima, atau ada pengaruh antara intensitas penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar PAI peserta didik di SMPN 2 Mojowarno.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aisa Ba Aisa Ba
Date Deposited: 09 Dec 2024 08:17
Last Modified: 09 Dec 2024 08:17
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/287

Actions (login required)

View Item
View Item