Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Islam Ahmad Yani Ngantang Kabupaten Malang

Kumalasari, Nur and Rosita, Mamik (2024) Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Islam Ahmad Yani Ngantang Kabupaten Malang. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2020112014233 COVER dll.pdf] Text
2020112014233 COVER dll.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2020112014233 ABSTRAK.pdf] Text
2020112014233 ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 2020112014233 Bab 1.pdf] Text
2020112014233 Bab 1.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 2020112014233 Bab 2.pdf] Text
2020112014233 Bab 2.pdf

Download (775kB)
[thumbnail of 2020112014233 Bab 3.pdf] Text
2020112014233 Bab 3.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 2020112014233 Bab 4.pdf] Text
2020112014233 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB) | Request a copy
[thumbnail of 2020112014233 Bab 5.pdf] Text
2020112014233 Bab 5.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 2020112014233 Daftar Pustaka.pdf] Text
2020112014233 Daftar Pustaka.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 2020112014233 Lampiran.pdf] Text
2020112014233 Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai problematika implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMK Islam Ahmad Yani Ngantang, Kabupaten Malang adalah sangat penting karena kurikulum ini membawah perubahan yang nyata dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti, dari metode ceramah ke metode pembelajaran diferensiasi. Pentingnya penelitian ini terletak pada pemahaman mendalam tentang tantangan yang dihadapi guru dan peserta didik dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti yang meliputi perencaan,pelaksanaan, penilaian, dan problematika dan solusi penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMK Islam Ahmad Yani Ngantang Malang, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya digunakan analisis data menggunakan deskriptif analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti meliputi, perencanaan (berpedoman pada CP,TP,ATP, dan modul ajar), pelaksanaan (pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup), penilaian/evaluasi (formatif dan sumatif). Sedangkan problemnya yaitu, Guru masih terbiasa menggunakan metode ceramah, belum begitu menguasai pembelajaran diferensiasi, ketika pembelajaran peserta didik masih minim pembelajaran praktik. Solusi untuk mengatasi problem tersebut yaitu Guru bisa mengikuti pelatihan workshop,diskusi dengan rekan sejawat untuk bertukar pengalaman, berkolaborasi antar guru, rapat evaluasi pembelajaran, Mengkolaborasikan aktivitas kelompok dengan diskusi kelas untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam proses belajar, menggunakan metode pembelajaran sepanjang hayat, menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek, studi lapangan dan Peserta didik mencoba lebih banyak bertanya kepada guru dan teman-teman saat tidak mengerti, peserta didik sering berlatih belajar mandiri dan mencari informasi sendiri sebelum berdiskusi dengan teman-teman, mengintegrasikan lebih banyak praktik yang bisa dilakukan dengan berkelompok, ataupun melaksanakan studi lapangan.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Kumalasari
Date Deposited: 06 Dec 2024 22:58
Last Modified: 07 Dec 2024 13:17
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item
View Item