PROBLEMATIKA METODE PEMBELAJARAN BANDONGAN DALAM KEMAMPUAN BACA TULIS ARAB PEGON DI SEKOLAH DASAR NEGERI POJOKREJO KESAMBEN JOMBANG

Cahyaningtyas, Sendi Ardia and An-Nahdliyah, Khumairoh (2024) PROBLEMATIKA METODE PEMBELAJARAN BANDONGAN DALAM KEMAMPUAN BACA TULIS ARAB PEGON DI SEKOLAH DASAR NEGERI POJOKREJO KESAMBEN JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2020112014247_COVER.pdf] Text
2020112014247_COVER.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 2020112014247_ABSTRAK.pdf] Text
2020112014247_ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 2020112014247_BAB I.pdf] Text
2020112014247_BAB I.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of 2020112014247_BAB II.pdf] Text
2020112014247_BAB II.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 2020112014247_BAB III.pdf] Text
2020112014247_BAB III.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 2020112014247_BAB IV.pdf] Text
2020112014247_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of 2020112014247_BAB V.pdf] Text
2020112014247_BAB V.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 2020112014247_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
2020112014247_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 2020112014247_LAMPIRAN.pdf] Text
2020112014247_LAMPIRAN.pdf

Download (622kB)

Abstract

Metode pembelajaran bandongan merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran baca tulis arab pegon di SDN Pojokrejo Kesamben Jombang yang diterapkan oleh pembimbing. Pada umumnya dilaksanakan pada pondok pesantren, namun disini pembimbing menggunakan metode yang identic dengan pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran bandongan di SDN Pojokrejo Kesamben Jombang. 2. Untuk mendeskripsikan problematika tentang metode pembelajaran bandongan dalam kemampuan baca tulis arab pegon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu pengumpulan data nya berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dikumpulkan oleh peneliti. Dan disajikan melalui desain penelitian deskriptif kualitatif yaitu studi untuk menemukan fakta dengan interpretasi yang tepat. Selanjutnya tahap uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, meningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematika dalam penerapan metode pembelajaran bandongan di SDNPojokrejo Kesamben Jombang. Problematika tersebut meliputi: kurangnya waktu pembelajaran, kurangnya motivasi siswa dan kurangnya
dukungan dari orang tua.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cahyaningtyas Sendi Ardia
Date Deposited: 14 Nov 2024 05:26
Last Modified: 14 Nov 2024 05:26
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item
View Item