IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN DI SMKN WONOSALAM JOMBANG

Asriani, Eldian and Zuliani, Siti (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN DI SMKN WONOSALAM JOMBANG. S1 thesis, STIT al-Urwatul Wutsqo.

[thumbnail of 2021112200785_COVER.pdf] Text
2021112200785_COVER.pdf

Download (691kB)
[thumbnail of 2021112200785_ABSTRAK.pdf] Text
2021112200785_ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 2021112200785_BAB I.pdf] Text
2021112200785_BAB I.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 2021112200785_BAB II.pdf] Text
2021112200785_BAB II.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 2021112200785_BAB_III.pdf] Text
2021112200785_BAB_III.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 202111220078_BAB_IV.pdf] Text
202111220078_BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[thumbnail of 2021112200785_BAB V.pdf] Text
2021112200785_BAB V.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 2021112200785_DAFTAR_PUSTAKA&LAMPIRAN.pdf] Text
2021112200785_DAFTAR_PUSTAKA&LAMPIRAN.pdf

Download (730kB)

Abstract

Kualitas pendidikan di Indonesia masih menghadapi tantangan serius, seperti rendahnya kualitas pengajaran dan kurang optimalnya penerapan manajemen mutu di sekolah. Untuk menjawab persoalan tersebut, penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi manajemen mutu pendidikan dalam peningkatankualitas pengajaran di SMKN Wonosalam. Tujuan penelitian yaitu: (1) bagaimana implementasi manajemen mutu pendidikan di SMKN Wonosalam dalam peningkatankualitas pengajaran; dan (2) bagaimana kualitas pengajaran yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) melalui siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan) berdampak positif terhadap peningkatan profesionalitas guru, perencanaan pembelajaran, dan partisipasi siswa. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya dan resistensi terhadap perubahan. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan manajemen mutu yang konsisten dapat peningkatankualitas pengajaran secara berkelanjutan di satuan pendidikan. (2) Inisiatif peningkatan kualitas pengajaran di SMKN Wonosalam, terutama dalam hal pengembangan profesional guru dan penetapan tujuan pembelajaran, sejalan dengan indikator kualitas pengajaran yang dikemukakan oleh Riza & Barrulwalidin.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Eldian Asriani
Date Deposited: 22 Oct 2025 22:21
Last Modified: 22 Oct 2025 22:21
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item
View Item