Variha, Ihshavani and Ya'cub, Mihmidaty (2024) PERAN GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI MTs AT-TAUFIQ BOGEM JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.
202211201202_COVER.pdf.pdf
Download (1MB)
202211201202_ABSTRAK.pdf.pdf
Download (412kB)
202211201202_BAB_I.pdf.pdf
Download (450kB)
202211201202_BAB_II.pdf.pdf
Download (744kB)
202211201202_BAB_III.pdf.pdf
Download (235kB)
202211201202_BAB_IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (874kB) | Request a copy
202211201202_BAB_V.pdf.pdf
Download (212kB)
202211201202_DAFTAR_PUSTAKA_&_LAMPIRAN.pdf.pdf
Download (973kB)
Abstract
Minat siswa untuk menghafal Al-Qur’an saat ini berkurang. Banyak yang ingin menghafal Al-Qur’an tapi takut nantinya tidak bisa istiqomah muroja’ah (mengulang) dan menjaga hafalannya. Pemberian motivasi kepada siswa penghafal Al-Qur’an sangat diperlukan. Oleh karena itu, guru tahfidz memiliki peran yang sangat penting untuk memotivasi, membimbing, dan mengevaluasi peserta didiknya. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa di MTs At-Taufiq Bogem Jombang dan Bagaimana Motivasi menghafal Al-Qur’an siswa di MTs At-Taufiq Bogem Jombang. Dengan Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peran guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa di Mts At-Taufiq Bogem Jombang, dan untuk mendeskripsikan motivasi menghafal Al-Qur’an siswa MTs At-Taufiq Bogem Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian lapangan. Pengumpulan data yang kami ambil menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan mengamati lokasi dan kegiatan pembelajaran tahfidz, dan informan dari wawancara adalah kepala madrasah, guru tahfidz dan beberapa siswa. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Guru berperan penting dalam mensukseskan hasil hafalannya siswa MTs At Taufiq Bogem dengan upaya membangkitkan semangat dan minat menghafal siswa, menguatkan keinginan atau niat siswa, memberikan pemahaman tentang metode menghafal Al-Qur’an dan fadlilah-fadlilahnya, mengarahkan siswa untuk membuat skala prioritas di tengah padatnya kegiatan, serta memberikan ketegasan terhadap siswa untuk selalu disiplin dan istiqamah dalam setoran hafalan dan muraja’ahnya supaya mendapatkan hasil yang maksimal. 2) motivasi yang didapatkan siswa adalah berupa motivasi intrinsik dan ekstrinsik.
Item Type: | Thesis (S1) (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Variha Ihshavani |
Date Deposited: | 15 Dec 2024 00:30 |
Last Modified: | 15 Dec 2024 00:30 |
URI: | http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/330 |