Implementasi Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Pembelajaran di SMP Terpadu Manbaul Huda Ngoro

Farchani, Muhamad Wildan and Senang, Senang (2024) Implementasi Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Pembelajaran di SMP Terpadu Manbaul Huda Ngoro. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2020112200721_cover dan sapul.pdf] Text
2020112200721_cover dan sapul.pdf

Download (904kB)
[thumbnail of 2020112200721_ABSTRAK.pdf] Text
2020112200721_ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 2020112200721_BAB I.pdf] Text
2020112200721_BAB I.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 2020112200721_BAB II.pdf] Text
2020112200721_BAB II.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 2020112200721_BAB III.pdf] Text
2020112200721_BAB III.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 2020112200721_BAB IV.pdf] Text
2020112200721_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of 2020112200721_BAB V.pdf] Text
2020112200721_BAB V.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 2020112200721_Daftar Pustaka.pdf] Text
2020112200721_Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB)

Abstract

Supervisi akademik merupakan kegiatan yang berkaitan dengan seluruh pembelajaran baik yang berkaitan dengan persiapan mengajar maupun pelaksanaan pembelajaran serta berkaitan juga dengan penilaian atau evaluasi setelah melakukan pembelajaran dikelas. Pembelajaran secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah usaha mempengaruhi emosi, intelektual, dan spiritual seseorang agar mau belajar dengan kehendaknya sendiri. Melalui pembelajaran akan terjadi proses pengembangan moral keagamaan, aktivitas, dan kreativitas peserta didik melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Implementasi Supervisi Akademik dalam peningkatan pembelajaran di SMP Terpadu Manbaul Huda Ngoro Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dengan mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Selanjutnya tahap uji keabsahan data dengan triangulasi, memperpanjang observasi dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi supervisi akademik dalam peningkatan pembelajaran telah di lakukan sesuai dengan dengan yang seharusnya. Hal ini dapat dilihat dari Pelaksanaan supervisi akademik yang dimulai dengan perencanaan, peantauan, evaluasi, dan tindak lanjut dari hasil supervisi yang dilakukan 2 kali dalam satu tahun yakni pada semester 1 dan 2. Namun, kegiatan kunjungan kelas oleh kepala sekolah dilakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah dengan metode diskusi, ceramah, saintifik, discovery, learning.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhamad Wildan Farchani
Date Deposited: 13 Dec 2024 09:52
Last Modified: 13 Dec 2024 09:52
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item
View Item