INTERNALISASI NILAI-NILAI ASMAUL HUSNA SEBAGAI LANDASAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MA AL URWATUL WUTSQO JOMBANG

Larassati, Safira and Riza, Julianne Kamelia (2025) INTERNALISASI NILAI-NILAI ASMAUL HUSNA SEBAGAI LANDASAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MA AL URWATUL WUTSQO JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of COVER SKRIPSI 2021.112.01.4939..pdf] Text
COVER SKRIPSI 2021.112.01.4939..pdf

Download (456kB)
[thumbnail of ABSTRAK SKRIPSI 2021.112.01.4939.pdf] Text
ABSTRAK SKRIPSI 2021.112.01.4939.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of BAB I 2021.112.01.4939.pdf] Text
BAB I 2021.112.01.4939.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of BAB II 2021.112.01.4939.pdf] Text
BAB II 2021.112.01.4939.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of BAB III 2021.112.01.4939.pdf] Text
BAB III 2021.112.01.4939.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of BAB IV 2021.112.01.4939.pdf] Text
BAB IV 2021.112.01.4939.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of BAB V 2021.112.01.4939.pdf] Text
BAB V 2021.112.01.4939.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA 2021.112.01.4939-2-5.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA 2021.112.01.4939-2-5.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of LAMPIRAN SKRIPSI 2021.112.01.4939-6-13.pdf] Text
LAMPIRAN SKRIPSI 2021.112.01.4939-6-13.pdf

Download (542kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan penerapan nilai-nilai Asmaul Husna (Ar-Raqib, Al-‘Adl, dan Al-Matin) sebagai dasar dalam pembentukan sikap disiplin siswa di MA Al-Urwatul Wutsqo Jombang. Fokus utama dari penelitian ini adalah strategi yang diterapkan oleh kepala madrasah, penerapan nilai-nilai tersebut oleh siswa, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghalangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi, melibatkan kepala madrasah, guru Akidah Akhlak, wali kelas, serta tiga siswa dari kelas XII. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi untuk internalisasi dilakukan melalui penerapan kebijakan religius, kebiasaan membaca Asmaul Husna, dan keteladanan dari guru. Penerapan nilai-nilai tersebut tercermin dalam perilaku disiplin siswa, seperti hadir tepat waktu, menjalankan tugas piket, dan mematuhi peraturan, meskipun beberapa siswa masih memerlukan pengawasan. Faktor yang mendukung terdiri dari visi madrasah, budaya religius di lingkungan sekolah, serta teladan yang diberikan oleh guru, sedangkan hambatan utama termasuk ketidakstabilan konsistensi siswa, rendahnya motivasi, dan pengaruh lingkungan di luar sekolah.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Safira Larassati
Date Deposited: 03 Nov 2025 22:01
Last Modified: 03 Nov 2025 22:01
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item
View Item