IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PENINGKATAN KUALITAS BACA AL-QUR'AN DI TPQ AL-MUJAHIDIN MANGIREJO WONOSALAM JOMBANG

Sari, Novita and Sintasari, Beny (2025) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PENINGKATAN KUALITAS BACA AL-QUR'AN DI TPQ AL-MUJAHIDIN MANGIREJO WONOSALAM JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2020112014280_COVER.pdf] Text
2020112014280_COVER.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of 2020112014280_ABSTRAK.pdf] Text
2020112014280_ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 2020112014280_BAB 1.pdf] Text
2020112014280_BAB 1.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 2020112014280_BAB 2.pdf] Text
2020112014280_BAB 2.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 2020112014280_BAB 3.pdf] Text
2020112014280_BAB 3.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 2020112014280_BAB 4.pdf] Text
2020112014280_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
[thumbnail of 2020112014280_BAB 5.pdf] Text
2020112014280_BAB 5.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 2020112014280_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
2020112014280_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur'an serta dampaknya terhadap peningkatan kualitas membaca Al-Qur'an di TPQ Al-Mujahidin Mangirejo, Wonosalam, Jombang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena banyaknya santri yang masih kurang lancar dalam membaca Al-Qur'an serta kurangnya pembiasaan membaca di luar jam pembelajaran. Metode Ummi merupakan salah satu metode pembelajaran Al-Qur'an yang efektif karena berbasis tajwid dan tartil dengan pendekatan talaqi yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Ummi di TPQ Al-Mujahidin meliputi tiga tahapan utama, yaitu tahap persiapan, proses pembelajaran, dan evaluasi. Metode ini berhasil meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur'an secara sistematis dan terstruktur. Dengan penggunaan alat bantu audio-visual dan pendekatan yang menyenangkan, santri lebih termotivasi untuk belajar dan menunjukkan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan tartil. Penelitian ini memberikan manfaat teoretis berupa kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran Al-Qur'an, serta manfaat praktis bagi lembaga pendidikan, ustadzah, santri, dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sari Novita
Date Deposited: 18 Oct 2025 15:01
Last Modified: 18 Oct 2025 15:01
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item
View Item