KREATIVITAS GURU PAI DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DI SMAN BARENG JOMBANG

Nastiti, Fatimah Ayu and Maskhuroh, Lailatul (2025) KREATIVITAS GURU PAI DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DI SMAN BARENG JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2021.112.01.4916_COVER.pdf] Text
2021.112.01.4916_COVER.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4916_ABSTRAK.pdf] Text
2021.112.01.4916_ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4916_BAB I.pdf] Text
2021.112.01.4916_BAB I.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4916_BAB II.pdf] Text
2021.112.01.4916_BAB II.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4916_BAB III.pdf] Text
2021.112.01.4916_BAB III.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4916_BAB IV.pdf] Text
2021.112.01.4916_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[thumbnail of 2021.112.01.4916_BAB V.pdf] Text
2021.112.01.4916_BAB V.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4916_DAFTAR PUSTAKA&LAMPIRAN.pdf] Text
2021.112.01.4916_DAFTAR PUSTAKA&LAMPIRAN.pdf

Download (863kB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh Pendidikan Agama Islam (PAI) yang tidak hanya berorientasi pada pencapaian pengetahuan kognitif, tetapi juga pada pembentukan sikap dan keterampilan siswa. Kreativitas guru PAI dalam pengelolaan kelas menjadi salah satu faktor penting dalam menciptakan pembelajaran yang efektif, menyenangkan, dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas guru PAI dalam pembelajaran, kemampuan belajar siswa, serta faktor-faktor yang memengaruhinya di SMAN Bareng Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana kreativitas guru PAI dalam pengelolaan kelas dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru PAI, dan siswa kelas XI di SMAN Bareng. Data dianalisis secara induktif dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan kreativitas pembelajaran melalui variasi metode seperti ceramah interaktif, diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan kontekstual; penggunaan media pembelajaran seperti modul, gambar, dan teknologi pembelajaran; serta strategi pengelolaan kelas yang mencakup penciptaan suasana kondusif, penerapan disiplin positif, membangun hubungan harmonis, dan pendekatan persuasif dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa. Kreativitas guru tersebut berpengaruh positif terhadap kemampuan belajar siswa, yang terlihat dari meningkatnya partisipasi aktif, motivasi belajar, pemahaman materi, keterampilan berpikir kritis, serta pengamalan nilai-nilai keagamaan. Faktor pendukung keberhasilan meliputi kompetensi guru, dukungan fasilitas sekolah, serta lingkungan belajar yang kondusif.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatimah Ayu Nastiti
Date Deposited: 15 Oct 2025 09:51
Last Modified: 15 Oct 2025 09:51
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item
View Item