Adwiah, Siti Rabiatul and Zuliani, Siti (2025) PENGEMBANGAN MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM PENINGKATAN LITERASI DI SMPN 2 DIWEK JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.
COVER.pdf
Download (1MB)
ABSTRAK.pdf
Download (191kB)
BAB I.pdf
Download (433kB)
BAB II.pdf
Download (613kB)
BAB III.pdf
Download (439kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (794kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (195kB)
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRA-LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pengembangan manajemen perpustakaan sekolah sebagai pusat umber belajar yang strategis dalam membentuk budaya literasi di kalangan siswa.Di tengah tantangan zaman digital dan rendahnya minat baca peseta didik,pengembangan manajemen perpustakaan menjadi sebuah keharusan agar dapat menjawab kebutuhan pendidikan yang harus terus berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1.Mendeskripsikan manajemen perpustakaan sekolah dalam meningkatkan literasi di SMPN 2 Diwek Jombang,2.Pengembangan manajemen perpustakaan sekolah dalam menunjang peningkatan literasi siswa,dan 3.Dampak dari pengembangan tersebut terhadap budaya literasi di lingkungan sekolah.Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (filedresearch).dengan menggunakan penelitian Diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara terstuktur, observasi dan dokumentasi.Desain Penelitian,Diskripif Kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Selanjutnya uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yaitu dengan perpanjangan pegamatan,peningkatan ketekunan dan triangulasi. Di lanjutkan dengan analisis data yaitu dengan reduction data, Display dan verification.Hasil penelitian menunjukkan bahwa1.Pengelolaan perpustakaan di SMPN2 Diwek Jombang mendukung peningkatan literasi melalui penempatan petugas ,penyediaan buku pelajaran dan sumbangan siswa,serta pengadaan buku tahunan. Meski tanpa visi misi khusus,pengelolaan mengikuti visi misi sekolah.Layanan di buka dari pagi hingga siang dan ruang perpustakaan di manfaatkan untuk pembelajaran.Program literasi seperti jumat membaca,pojok baca,dan pembimbingan guru telah terintegrasi dalam pembelajaran,2.Pengembangan dilakukan workshop dan evaluasi melalui asesmen nasional dan rapor pendidikan.Digitalisasi di rencanakan, meski tergantung anggaran.Minat baca,pemahaman,dan kunjungan meningkat, didukung kuat oleh orang tua.
| Item Type: | Thesis (S1) (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | Siti Rabiatul Adwiah |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 13:49 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 13:49 |
| URI: | http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/361 |

