Rizal, Muhammad and Mustofa, Ali (2024) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMA PRIMAGANDA JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.
202211201010_COVER.pdf
Download (2MB)
202211201010_ABSTRAK.pdf
Download (87kB)
202211201010_BAB I.pdf
Download (171kB)
202211201010_BAB II.pdf
Download (298kB)
202211201010_BAB III.pdf
Download (139kB)
202211201010_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB) | Request a copy
202211201010_BAB V.pdf
Download (92kB)
202211201010_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN AKHIR.pdf
Download (1MB)
Abstract
Ekstrakurikuler pramuka merupakan salah satu kegiatan sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, keberanian kejasmanian, kerjasama,dan rasacinta terhadap alam semesta lingkungan. Karakter disiplin siswa merupakan sikap dan perilaku yang menunjukan kepatuan dan tertip terhadap peraturan dan ketentuan siswa di SMA Primaganda Jombang. Skripsi ini membahas tentang Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di SMA Primaganda Jombang. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Primaganda Jombang. 2) Untuk mendiskripsikan karakter disiplin di SMA Primaganda Jombang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan Analisi data menggunakan deskriptif analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, peneliti berkesimpulan bahwa Pertama, Perencanaan pengembangan kompetensi guru di SMA Primaganda dilakukan saat rapat yang dihadiri oleh pihak-pihak terkait. Kedua, implementasi ekstrakurikuler pramuka dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa di SMA Primaganda dilakukan pada jam 14:00-15:00 setiap hari Sabtu. Dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan melalui pola pembiasaan dan pemberian reward dan punishment. Ketiga. Evaluasi manajemen ekstrakurikuler pramuka dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa di SMA Primaganda diawali dengan evaluasi yang dilakukan oleh pembina pramuka. Kemudian evaluasi yang dilakukan oleh koordinator pramuka. Selanjutnya evaluasi yang dilakukan oleh kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rizal Muhammad |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 14:22 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 14:22 |
URI: | http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/321 |