EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 MOJOWARNO JOMBANG

Afendi, Atikah and Mirrota, Dita Dzata (2024) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 MOJOWARNO JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2021112014937_COVER.pdf] Text
2021112014937_COVER.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 2021112014937_ABSTRAK.pdf] Text
2021112014937_ABSTRAK.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of 2021112014937_BAB 1.pdf] Text
2021112014937_BAB 1.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 2021112014937_BAB II.pdf] Text
2021112014937_BAB II.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 2021112014937_BAB III.pdf] Text
2021112014937_BAB III.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 2021112014937_BAB IV.pdf] Text
2021112014937_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy
[thumbnail of 2021112014937_BAB V.pdf] Text
2021112014937_BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2021112014937_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
2021112014937_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Pendidikan merupakan aset vital bagi bangsa Indonesia dalam mencapai kemajuan dan martabat. Dalam konteks ini, tujuan pendidikan adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk menjadi individu yang berkualitas, beriman, dan bertanggung jawab, sejalan dengan UU No. 20 Tahun 2003. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mempengaruhi semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan, dengan membawa perubahan signifikan dalam proses pembelajaran. Meskipun TIK menawarkan banyak keunggulan, seperti akses informasi yang lebih mudah dan biaya yang lebih rendah, pemanfaatannya dalam pendidikan seringkali terbatas pada administrasi sekolah. Kurikulum pendidikan di Indonesia perlu mengintegrasikan TIK secara lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sehingga terciptanya hubungan yang dekat dengan siswa, mampu menghasilkan sistem pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah secara kondusif sesuai keinginan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Efektivitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran PAI di SMPN 1 Mojowarno Jombang dan (2) Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pemanfaatan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Mojowarno Jombang. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Efektivitas pemanfaatan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Mojowarno Jombang adalah untuk peningkatan pemahaman konsep agama, keterlibatan siswa dalam pembelajaran agama, penghayatan nilai-nilai agama, motivasi belajar dan kepuasan siswa, (2) Faktor pendukungnya adalah dukungan instusional, kemudahan penggunaa, kreativitas dan desain instruksional. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan infrastruktur serta ketergantungan siswa pada teknologi.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atikah Afendi
Date Deposited: 12 Dec 2024 22:46
Last Modified: 12 Dec 2024 22:46
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item
View Item