Liftiyani, Liftiyani and Winarti, Ika (2024) PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN DI TPQ DARUT TAUFIQ BULUREJO DIWEK JOMBANG. S1 thesis, STIT AL URWATUL WUTSQO JOMBANG.
2020.112.01.4734_COVER.pdf
Download (904kB)
2020.112.01.4734_ABSTRAK.pdf
Download (57kB)
2020.112.01.4734_BAB I.pdf
Download (177kB)
2020.112.01.4734_BAB II.pdf
Download (557kB)
2020.112.01.4734_BAB III.pdf
Download (140kB)
2020.112.01.4734_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (654kB) | Request a copy
2020.112.01.4734_BAB V.pdf
Download (14kB)
2020.112.01.4734_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembinaan adalah suatu tindakan, proses, hasil atau pernyataan menjadi lebih baik. Dalam hal ini menunjukan adanya kemajuan, peningkatan pertumbuhan, evolusi atas berbagai kemungkinan, berkembang atau peningkatan sesuatu. Ada dua unsur dari pengertian ini yakni pembinaan itu bisa berupa suatu tindakan, proses, atau pernyataan tujuan dan yang kedua pembinaan bisa menunjuk kepada perbaikan atas sesuatu. Sehingga dalam proses pembinaan ini perlu adanya partisipasi dari orang tua. Partisipasi orang tua sangat diperlukan. Orang tua sebagai pihak pertama dan utama yang akan selalu mengontrol dan mengawasi proses pendidikan anak-anaknya. Bukan sekedar itu saja, partisipasi dari orang tua jauh lebih penting dalam pendidikan agama bagi anak-anaknya. Kedua hal tersebut anatara keluarga dan pendidikan tidak dapat dipisahkan. Dimana ada keluarga, disana ada pendidikan. Jadi dapat dikatakan orang tua adalah sebagai pendidikan utama bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1) Bentuk-bentuk partisipasi orang tua di TPQ Darut Taufiq Bulurejo Diwek Jombang. 2) Bentuk-bentuk pembinaan pendidikan di TPQ Darut Taufiq Bulurejo Diwek Jombang. 3) Faktor pendukung dan penghambat partisipasi orang tua dalam pembinaan pendidikan di TPQ Darut Taufiq Bulurejo Diwek Jombang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Partisipasi dalam bentuk materi berupa uang bulanan dan partisipasi dalam bentuk non materi berupa musyawarah. 2) Bentuk-bentuk pembinaan pendidikan: a) Subyek pembinaan pendidikan di TPQ Darut Taufiq adalah kepala TPQ dan seorang guru yang aktif dalam mengajar. b) Sasaran atau obyek dalam kegiatan pembinaan adalah semua santri di TPQ Darut Taufiq. c) Materi pembinaan: Pembinaan tashin Al-Quran, menanamkan iman dan tauhid, pembinaan akhlakul karimah dan pembinaan membaca dan menulis Al-Quran. 3) Faktor pendukung partisipasi orang tua: a) Sesuai dengan kebutuhan orang tua. b) Merupakan kepentingan orang tua. Faktor penghambat partisipasi orang tua: a) Perasaan tidak peduli terhadap orang lain yang ada pada lingkungan sekitar. b) Kondisi keuangan yang kurang mencukupi.
Item Type: | Thesis (S1) (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Liftiyani Liftiyani |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 03:09 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 03:09 |
URI: | http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/101 |