Ma'idah, Ilil and Qomaria, Elysa Nurul (2025) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PEMAHAMAN AGAMA ISLAM DI MTs MIFTAHUL ULUM JARAKKULON JOGOROTO JOMBANG. S1 thesis, STIT AL URWATUL WUTSQO.
2021112014922_ COVER .pdf
Download (308kB)
2021112014922_ ABSTRAK.pdf
Download (51kB)
2021112014922_ BAB I .pdf
Download (76kB)
2021112014922_ BAB II .pdf
Download (172kB)
2021112014922_ BAB III.pdf
Download (141kB)
2021112014922_ BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB) | Request a copy
2021112014922_ BAB V.pdf
Download (12kB)
2021112014922_ DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Download (326kB)
Abstract
Lingkungan keluarga merupakan fondasi utama dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai keagamaan siswa. Orang tua memiliki peran vital dalam memberikan arahan, teladan, dan pengawasan terhadap perilaku religius anak, terutama pada usia remaja yang rentan terhadap pengaruh lingkungan luar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman agama Islam sebagai aspek fundamental dalam pembentukan akhlak dan kepribadian siswa. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya peran lingkungan keluarga dalam membentuk pemahaman agama Islam pada anak di MTs Miftahul Ulum Jarakkulon Jogoroto Jombang, mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap pemahaman agama Islam siswa kelas VII di MTs Miftahul Ulum Jarakkulon Jogoroto Jombang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain regresi linier sederhana. Populasi penelitian berjumlah 102 siswa, dengan sampel sebanyak 81 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui kuesioner berskala Likert dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, serta uji hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik variabel lingkungan keluarga maupun pemahaman agama Islam siswa. Analisis regresi linier sederhana menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap pemahaman agama Islam siswa, dengan kontribusi sebesar 25,3% (R² = 0,253). Nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000, yang lebih kecil dari 0,05, mengindikasikan bahwa semakin baik lingkungan keluarga, semakin tinggi pemahaman agama Islam siswa.
| Item Type: | Thesis (S1) (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ilil Ma'idah |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 22:11 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 22:11 |
| URI: | http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/550 |

