PENERAPAN METODE TALAQQI PADA SISWA PENGHAFAL AL-QUR'AN DI SMPI AL-ASHFIYA' BRODOT JOMBANG

Sholihah, Imroatus and Kamelia Riza, Julianne (2025) PENERAPAN METODE TALAQQI PADA SISWA PENGHAFAL AL-QUR'AN DI SMPI AL-ASHFIYA' BRODOT JOMBANG. S1 thesis, STIT Al-Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2021112014914_COVER.pdf] Text
2021112014914_COVER.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 2021112014914_ABSTRAK.pdf] Text
2021112014914_ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 2021112014914_BAB I.pdf] Text
2021112014914_BAB I.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 2021112014914_BAB II.pdf] Text
2021112014914_BAB II.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of 2021112014914_BAB III.pdf] Text
2021112014914_BAB III.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 2021112014914_BAB IV.pdf] Text
2021112014914_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of 2021112014914_BAB V.pdf] Text
2021112014914_BAB V.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 2021112014914_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
2021112014914_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya metode Talaqqi sebagai strategi efektif dalam menghafal Al-Qur’an, karena mampu meningkatkan ketepatan bacaan, daya ingat, dan kedisiplinan siswa. metode Talaqqi merupakan tradisi pembelajaran sejak Rasulullah Saw., yang dilakukan secara langsung antara guru dan siswa melalui tahapan mencontohkan bacaan, menyimak, menirukan, dan memperbaiki kesalahan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana penerapan metode Talaqqi pada siswa penghafal Al-Qur’an di SMPI Al-Ashfiya’ Brodot Jombang, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Talaqqi di SMPI Al-Ashfiya’ berlangsung sistematis melalui empat tahap utama, yaitu mencontohkan, menyimak, menirukan, dan evaluasi. Faktor pendukungnya antara lain kompetensi guru tahfidz, lingkungan religius sekolah, dukungan keluarga, dan motivasi siswa. Adapun faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, perbedaan kemampuan siswa, serta kurangnya muroja’ah di rumah. Dampaknya terlihat pada peningkatan kualitas hafalan siswa, baik dari segi tajwid maupun kelancaran, meningkatnya kedisiplinan, motivasi spiritual, serta terjalinnya hubungan positif antara guru dan siswa kelas C.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Imroatus Sholihah
Date Deposited: 22 Oct 2025 09:45
Last Modified: 22 Oct 2025 09:45
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/460

Actions (login required)

View Item
View Item