IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERAT PADA MATERI PAIDI SD NEGERI GUDO

Kholil, Muhammad and Hasan, Moch. Sya'roni (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBENTUK SIKAP MODERAT PADA MATERI PAIDI SD NEGERI GUDO. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2021.112.01.4811_Cover.pdf] Text
2021.112.01.4811_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2021.112.01.4811_Abstrak.pdf] Text
2021.112.01.4811_Abstrak.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4811_BAB I.pdf] Text
2021.112.01.4811_BAB I.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4811_BAB II.pdf] Text
2021.112.01.4811_BAB II.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4811_BAB III.pdf] Text
2021.112.01.4811_BAB III.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4811_BAB IV.pdf] Text
2021.112.01.4811_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[thumbnail of 2021.112.01.4811_BAB V.pdf] Text
2021.112.01.4811_BAB V.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4811_Daftar Pustaka & Lampiran.pdf] Text
2021.112.01.4811_Daftar Pustaka & Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai upaya membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara kognitif, tetapi juga berkarakter moderat, toleran, dan mampu hidup berdampingan dalam masyarakat yang beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAI di kelas 6 SD Negeri Gudo serta menjelaskan upaya sekolah dalam membentuk sikap moderat pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian guru PAI, kepala sekolah, serta siswa kelas 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PAI di SD Negeri Gudo mencakup tiga aspek utama, yaitu perencanaan pembelajaran yang kontekstual dan berpusat pada siswa, pelaksanaan pembelajaran yang interaktif dan berbasis keteladanan, serta evaluasi pembelajaran yang komprehensif melalui penilaian autentik terhadap pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Sementara itu, pembentukan sikap moderat siswa dilakukan melalui pembiasaan nilai keagamaan, keteladanan guru, budaya sekolah yang inklusif, serta partisipasi aktif siswa dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Temuan penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran PAI berbasis Kurikulum Merdeka mampu menjadi sarana strategis dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Kholil
Date Deposited: 22 Oct 2025 01:39
Last Modified: 22 Oct 2025 01:39
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/442

Actions (login required)

View Item
View Item