Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Silir Wates

Ma'ruf, Saidil and Hasan, Moch Sya'roni (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Silir Wates. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2020112014350_COVER.pdf] Text
2020112014350_COVER.pdf

Download (700kB)
[thumbnail of 2020112014350_ABSTRAK.pdf] Text
2020112014350_ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 2020112014350_BAB I.pdf] Text
2020112014350_BAB I.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 2020112014350_BAB II.pdf] Text
2020112014350_BAB II.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 2020112014350_BAB III.pdf] Text
2020112014350_BAB III.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of 2020112014350_BAB IV.pdf] Text
2020112014350_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of 2020112014350_BAB V.pdf] Text
2020112014350_BAB V.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 2020112014350_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
2020112014350_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (777kB)

Abstract

Setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh para peserta didik memiliki hasil belajar. Hasil belajar dapat berupa peningkatan pengetahuan, peningkatan keterampilan dan kebiasaan yang positif, dan tercapainya cita-cita peserta didik. Namun di MTs Miftahul Huda ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran Akidah Akhlak, yaitu: masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM, proses pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan model pembelajaran konvensional, dan aktivitas belajar di kelas VIII juga masih rendah, siswa sulit dalam memahami materi pelajaran ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Silir Wates. Model pembelajaran STAD diterapkan untuk meningkatkan interaksi antar siswa dan memfasilitasi pembelajaran yang lebih aktif dan kolaboratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen, melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menerapkan model STAD dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah intervensi, serta angket untuk mengukur respon siswa terhadap model pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan perolehan nilai akhir yang lebih tinggi. Dengan hasil signifikan (2-tailed)⹀ 0,001. Dimana hasil tersebut < ketentuan nilai α, yaitu⹀ 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Silir Wates. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak hanya dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai konsep-konsep dalam Akidah Akhlak, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif, kerjasama, dan komunikasi yang efektif antar siswa.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saidil Ma'ruf
Date Deposited: 12 Dec 2024 00:20
Last Modified: 12 Dec 2024 00:20
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item
View Item