MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMPN 1 MOJOWARNO JOMBANG

Munawaroh, Saidatul and Zuliani, Siti (2024) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMPN 1 MOJOWARNO JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo.

[thumbnail of 2020112200695_COVER.pdf] Text
2020112200695_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2020112200695_ABSTRAK.pdf] Text
2020112200695_ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 2020112200695_BAB I.pdf] Text
2020112200695_BAB I.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 2020112200695_BAB II.pdf] Text
2020112200695_BAB II.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of 2020112200695_BAB III.pdf] Text
2020112200695_BAB III.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 2020112200695_BAB IV.pdf] Text
2020112200695_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy
[thumbnail of 2020112200695_BAB V.pdf] Text
2020112200695_BAB V.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 2020112200695_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
2020112200695_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (509kB)

Abstract

Pendidikan karakter menjadi topik yang semakin penting dalam konteks pendidikan modern. Pendidikan karakter dianggap sebagai salah satu aspek penting dalam pengembangan siswa sebagai individu yang berkarakter dan siap untuk menghadapi tantangan di masa depan. Dalam implementasinya, pendidikan karakter masih dianggap sebagai hal yang kurang diprioritaskan di beberapa lembaga pendidikan. Kepala Sekolah memainkan peran penting dalam membangun lingkungan belajar yang kondusif sehingga mendorong keberhasilan pendidikan karakter di sekolah, karena pendidikan karakter di sekolah sangat terkait dengan Manajemen Kepala Sekolah. Tujuan Penelitian: 1. Untuk mengetahui Penguatan Pendidikan Karakter di Smpn 1 Mojowarno Jombang. 2. Untuk mengetahui Manajmene Kepala Sekolah dalam Pengauatan Pendidkan Karakter di SMPN 1 Mojowarno Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti mengambil 3 uji keabsahan data yaitu perpanjangan pengamatan, triangulasi data dan member check dengan Teknik analisis data model miles Huberman. Hasil penelitian: 1. Penguatan pendidikan karakter. a. terintegrasi pada kegiatan pembelajaran: membuat RPP atau modul ajar yang tidak hanya berfokus pada materi pelajaran, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai karakter. b. Terintegrasi pada kegiatan ekstrakurikuler: mencakup aspek keagamaan, sosial dan seni. c. terintegrasi pada kegiatan pembiasaan dan pembudayaan: mengkategorikan menjadi empat jenis, yaitu: kegiatan rutin, spontan, terprogram dan keteladanan. 2. Manajemen penguatan pendidikan karakter. a. Perencanaan: mengidentifikasi jenis-jenis kegiatan melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembiasaan dan pembudayaan. b. Pengorganisasian: mengikutsertakan semua pihak sekolah dalam penerapan pengutan pendidikan karakter. c. Pelaksanaan: menerapkan adanya nilai-nilai penguatan pendidikan karakter seperti religius, mandiri, gotong royong dan integritas yang terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan ektakulikuler, kegiatan pembiasaan dan pembudayaan. c. Pengawasan: melakukan pemantauan ataupun pengamatan secara langsung baik secara terprogram maupun tidak terprogram.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Saidatul Munawaroh
Date Deposited: 13 Nov 2024 04:23
Last Modified: 13 Nov 2024 04:23
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item
View Item