STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA YANG BERASAL DARI MI DAN SD DI SMPN 2 GUDO

Khalimah, Siti Nur and Khudriyah, Khudriyah (2024) STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR PAI ANTARA SISWA YANG BERASAL DARI MI DAN SD DI SMPN 2 GUDO. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2020112014256_cover .pdf] Text
2020112014256_cover .pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2020112014256_abstrak.pdf] Text
2020112014256_abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2020112014256_bab 1.pdf] Text
2020112014256_bab 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2020112014256_bab 2.pdf] Text
2020112014256_bab 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2020112014256_bab 3.pdf] Text
2020112014256_bab 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2020112014256_bab 4.pdf] Text
2020112014256_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 2020112014256_bab 5.pdf] Text
2020112014256_bab 5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2020112014256_daftar pustaka & lampiran.pdf] Text
2020112014256_daftar pustaka & lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana prestasi belajar PAI siswa yang berasal dari SD di kelas VII SMPN 2 Gudo? (2) Bagaimana prestasi belajar PAI siswa yang berasal dari MI di kelas VII SMPN 2 Gudo? (3) Adakah perbedaan prestasi belajar PAI antara siswa yang berasal dari MI dan SD di kelas VII SMPN 2 Gudo? Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya jumlah siswa dengan latar belakang SD yang ada dalam sekolah dari pada siswa dengan latar belakang MI sehingga ini akan menimbulkan pertanyaan apakah hasil belajar PAI siswa yang berlatar belakang MI menurun dan hasil belajar siswa latar belakang SD jauh lebih baik. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Gudo, dengan jumlah populasi 155 siswa kelas VII di SMPN 2 Gudo. Sampel yang di ambil adalah 21 orang siswa yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah dan 135 orang siswa yang berasal dari Sekolah Dasar. Analisis yang digunakan adalah analisis komparasi, dengan teknik analisis “t” test untuk menyatakan adanya perbedaan hasil prestasi belajar PAI antara siswa yang berasal dari MI dan SD di kelas VII SMPN 2 Gudo. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan SPSS (uji t) dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar PAI pada siswa yang berlatar belakang SD di kelas VII SMPN 2 Gudo adalah 72.8296,(2) rata-rata hasil belajar PAI pada siswa yang berlatar belakang MI di kelas VII SMPN 2 Gudo adalah 76.1905,(3) Dari hasil analisis uji t atau T-test menyatakan tidak adanya perbedaan hasil belajar siswa yang berlatar belakang MI maupun SD. Walaupun terdapat sedikit selisih dalam nilai yang di peroleh siswa yang berlatar belakng MI dan SD.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khalimah Siti Nur
Date Deposited: 24 Sep 2024 01:40
Last Modified: 24 Sep 2024 01:40
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item
View Item