Metode Literasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Balongjeruk Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri

Kholidah, Diana and Mukani, Mukani (2024) Metode Literasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Balongjeruk Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2020112014236_COVER.pdf] Text
2020112014236_COVER.pdf

Download (670kB)
[thumbnail of 2020112014236_ABSTRAK.pdf] Text
2020112014236_ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 2020112014236_BAB I.pdf] Text
2020112014236_BAB I.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 2020112014236_BAB II.pdf] Text
2020112014236_BAB II.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of 2020112014236_BAB III.pdf] Text
2020112014236_BAB III.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 2020112014236_BAB IV.pdf] Text
2020112014236_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 2020112014236_BAB V.pdf] Text
2020112014236_BAB V.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 2020112014236_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
2020112014236_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Implementasi metode literasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bertujuan agar peserta didik dapat menumbuhkan karakter yang berinovasi serta memahami makna Pendidikan Agama Islam lebih dari sekedar teks. Implikasi metode literasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam mengharuskan peserta didik untuk mendapatkan pembelajaran yang kontekstual. Hal ini dapat dilihat bahwa pembelajaran dengan metode literasi lebih efektif, baik dalam penyampaian materi maupun penanaman akhlak yang baik, karena peserta didik tidak hanya berfokus pada teori, melainkan juga langsung menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pelaksanaan metode literasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Balongjeruk, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri, dan 2) Menganalisis implikasi metode literasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Balongjeruk, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode literasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Balongjeruk, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri, yaitu: 1) Perencanaan metode literasi dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Balongjeruk, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri, di antaranya: pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran dan pengembangan muatan metode literasi, 2) Pelaksanaan metode literasi dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Balongjeruk, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri, di antaranya: alokasi waktu pembelajaran 3 jam dengan menyisipkan literasi, teknik pembelajaran yang bervariasi, dan 3) Evaluasi metode literasi dalam pembelajaran PAI: tes sikap literasi, tes tulis, dan tes psikomotorik. Implikasi metode literasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Balongjeruk, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri, yaitu: 1) Menambah wawasan baru, 2) Pembelajaran yang lebih menyenangkan, 3) Interaksi antar siswa yang lebih aktif, dan 4) Terjadinya peningkatan prestasi akademik siswa.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Diana Kholidah
Date Deposited: 17 Sep 2024 00:09
Last Modified: 04 Dec 2024 15:06
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item
View Item