Kholidah, Diana and Mukani, Mukani (2024) Metode Literasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Balongjeruk Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.
2020112014236_COVER.pdf
Download (670kB)
2020112014236_ABSTRAK.pdf
Download (11kB)
2020112014236_BAB I.pdf
Download (221kB)
2020112014236_BAB II.pdf
Download (632kB)
2020112014236_BAB III.pdf
Download (339kB)
2020112014236_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
2020112014236_BAB V.pdf
Download (190kB)
2020112014236_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Implemetansi metode literasi dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam
peserta didik agar dapat menumbuhkan karakter peserta didik yang berinovasi serta
memahami makna Pendidikan Agama Islam hanya sekedar teks. Implikasi metode
literasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik membutuhkan
pembelajaran secara kontekstual, hal ini dapat dilihat bahwa pembelajaran metode
literasi lebih efektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam baik dari segi penyampaian materi dan juga penanaman akhlak yang baik, karena peserta didik tidak
hanya berfokus pada teori saja melainkan langsung dengan praktik dalam kehidupan
sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk menganalisis pelaksanaan Metode
literasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri
Balongjeruk Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri, 2) Untuk menganalisis implikasi
metode literasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
Negeri Balongjeruk Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri. Jenis penelitian yang
digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi
kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Metode literasi
dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Balongjeruk
Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri, yaitu 1) Perencanaan metode literasi dalam
pembelajaran PAI di Sekolah Dasar Negeri Balongjeruk Kecamatan Kunjang
Kabupaten Kediri diantaranya: Pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran dan
Pengembangan muatan metode literasi 2) Pelaksanaan Metode literasi dalam
pembelajaran PAI di SDN Balongjeruk Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri
diantaranya: Alokasi waktu pembelajaran 3 jam dengan mensisipkan literasi, Teknik
pembelajaran bervariasi, dan 3) Evaluasi metode literasi dalam pembelajaran PAI:
Tes sikap literasi, Tes tulis dan Tes psikomotorik. Dan Implikasi Metode literasi
dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Balongjeruk
Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri, yaitu 1) Menambah wawasan baru, 2)
Pembelajaran lebih menyenangkan, 3) Interaksi antar siswa lebih aktif, dan 4) Terjadi
peningkatan prestasi akademik siswa.
Item Type: | Thesis (S1) (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Diana Kholidah |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 00:09 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 00:09 |
URI: | http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/93 |