PENERAPAN METODE AMTSILATI DALAM PEMBELAJARAN KITAB AL-HUSUNU AL-HAMIDIYYAH PADA PENDIDIKAN AKIDAH DI PPHM AMTSILATI GURAH KEDIRI

Azis, M Ilfa and Munif, Achmad Abdul (2025) PENERAPAN METODE AMTSILATI DALAM PEMBELAJARAN KITAB AL-HUSUNU AL-HAMIDIYYAH PADA PENDIDIKAN AKIDAH DI PPHM AMTSILATI GURAH KEDIRI. S1 thesis, STIT AL Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of skripsi_cover.pdf] Text
skripsi_cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of abstrk.pdf] Text
abstrk.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of skripsi_M.Ilfa Nur Azis_bab1.pdf] Text
skripsi_M.Ilfa Nur Azis_bab1.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of skripsi_M.Ilfa Nur Azis_bab2.pdf] Text
skripsi_M.Ilfa Nur Azis_bab2.pdf

Download (444kB)
[thumbnail of skripsi_M.Ilfa Nur Azis_bab3.pdf] Text
skripsi_M.Ilfa Nur Azis_bab3.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of skripsi_M.Ilfa Nur Azis_bab4.pdf] Text
skripsi_M.Ilfa Nur Azis_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of skripsi_M.Ilfa Nur Azis_bab5.pdf] Text
skripsi_M.Ilfa Nur Azis_bab5.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of skripsi_M.Ilfa Nur Azis_daftar pustaka.pdf] Text
skripsi_M.Ilfa Nur Azis_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode Amtsilati adalah metode cara cepat belajar kitab kuning. Metode ini diperkenalkan pertama kali di Jepara pada tanggal 16 Juni 2002. Metode Amtsilati terdiri dari lima jilid yang dijadikan pembelajaran bagi peserta didik, dua jilid Tatimmah (praktek) yang biasanya diterapkan setelah semua materi selesai, satu Khulasoh yang dijadikan sebagai dasar atau nadzaman, satu Qo‟idati (kumpulan kaidah-kaidah) dan 1 Sharfiyah. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mempermudah santri yang kesulitan dalam belajar memahami ataupun membaca kitab kuning, yang menganggap bahwa ilmu nahwu dan sharaf itu sulit untuk dipelajari. Maka dari itu dengan adanya buku Amsilati diharapkan dapat mempermudah para santri dalam pendidikan akidah dan membaca kitab Al-H{us}u>nu al-H{ami>diyyah dengan penerapan metode amtsilati bagi santri. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan tekhik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, menunjukkan bahwa metode Amtsilati ini dapat dikembangkan oleh guru pengampu dengan menggabungkan antara metode membaca dengan metode hafalan. Sedangkan untuk lebih memahamkan santri, materi yang sudah dipelajari akan terus diulang-ulang oleh guru pengampu supaya santri tidak mudah lupa dengan apa yang sudah dipelajari. Tentang penerapan metode Amtsilati dalam pembelajaran kitab Al-H{us}u>nu al-H{ami>diyyah dilaksanakan dalam ruangan, adapun tatacara penerapannya adalah pertama-tama santri berkumpul ditempat pengajian sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan masing-masing santri membawa kitab Al-H{us}u>nu al-H{ami>diyyah, kemudian santri satu persatu secara bergilir membacakan serta menterjemahkan kitab yang dibaca sesuai kaidah nahwu-shorof. Apabila dalam membaca santri terdapat kesalahan maka ustadz langsung membenarkannya.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Ilfa Nur Azis
Date Deposited: 21 Oct 2025 22:20
Last Modified: 21 Oct 2025 22:20
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item
View Item