PENERAPAN METODE KAIFA TUSHOLLI UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN SALAT PADA SISWA DI SDIT AL MISHBAH SUMOBITO JOMBANG

Hasanah, Ulfatun and Qomaria, Elysa Nurul (2025) PENERAPAN METODE KAIFA TUSHOLLI UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN SALAT PADA SISWA DI SDIT AL MISHBAH SUMOBITO JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 1_Cover.pdf] Text
1_Cover.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of 2_Abstrak.pdf] Text
2_Abstrak.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 1_Bab_I_PENDAHULUAN.pdf] Text
1_Bab_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 2_Bab_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf] Text
2_Bab_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 3_Bab_III_METODE_PENELITIAN.pdf] Text
3_Bab_III_METODE_PENELITIAN.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 4_Bab_IV_PAPARAN_DATA_DAN_ANALISIS_DATA.pdf] Text
4_Bab_IV_PAPARAN_DATA_DAN_ANALISIS_DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[thumbnail of 5_Bab_V_PENUTUP.pdf] Text
5_Bab_V_PENUTUP.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of Daftar_Pustaka_dan_Lampiran.pdf] Text
Daftar_Pustaka_dan_Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salat merupakan rukun Islam kedua yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim, dan memiliki kedudukan fundamental dalam pembentukan karakter spiritual siswa sejak usia dini. Namun pada kenyataannya, pembelajaran salat di sekolah dasar masih cenderung menekankan pada aspek hukum dan kurang menekankan aspek praktis, sehingga siswa belum sepenuhnya memahami gerakan dan bacaan salat secara utuh dan benar. Untuk menjawab tantangan tersebut, SDIT Al Mishbah Sumobito Jombang menerapkan metode Kaifa Tusholli sebagai pendekatan pembelajaran yang menekankan praktik langsung, visualisasi, gerak cantol, serta pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas, kepala sekolah, koordinator Kaifa Tusholli, tiga siswa kelas III, IV, dan V, serta tiga orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Kaifa Tusholli diterapkan melalui dua model utama, yaitu pembelajaran klasikal harian dan klasikal evaluasi mingguan. Tahapan pembelajaran mencakup penanaman konsep, pemahaman konsep, keterampilan/praktik, dan evaluasi. Faktor pendukung keberhasilan penerapan metode ini antara lain tersedianya media dan buku panduan, pelatihan guru oleh Kaifa Tusholli Center, dukungan sekolah, serta keterlibatan aktif orang tua. Adapun hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu pembelajaran, perbedaan tingkat penguasaan siswa, serta minimnya jumlah guru yang tersertifikasi metode Kaifa Tusholli. Secara umum, penerapan metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan salat siswa dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, yang ditandai dengan peningkatan kedisiplinan, kelancaran bacaan, ketepatan gerakan, serta kesadaran spiritual siswa.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfatun Hasanah
Date Deposited: 15 Oct 2025 21:14
Last Modified: 15 Oct 2025 21:14
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item
View Item