PERAN GURU PAI DALAM MENCEGAH BULLYING DI SMP NEGERI 5 JOMBANG

Hanzhalah, Muhammad and Hasan, Moch. Sya'roni (2025) PERAN GURU PAI DALAM MENCEGAH BULLYING DI SMP NEGERI 5 JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2021112014867_COVER.pdf] Text
2021112014867_COVER.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 2021112014867_ABSTRAK.pdf] Text
2021112014867_ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 2021112014867_BAB I.pdf] Text
2021112014867_BAB I.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 2021112014867_BAB II.pdf] Text
2021112014867_BAB II.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of 2021112014867_BAB III.pdf] Text
2021112014867_BAB III.pdf

Download (404kB)
[thumbnail of 2021112014867_BAB IV.pdf] Text
2021112014867_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 2021112014867_BAB V.pdf] Text
2021112014867_BAB V.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 2021112014867_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
2021112014867_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perilaku bullying dari waktu ke waktu terus menghantui anak-anak Indonesia. Kasus bullying yang sering dijumpai adalah kasus senioritas atau adanya intimidasi siswa yang lebih senior terhadap adik kelasnya baik secara fisik maupun non-fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk peran-peran yang dilakukan oleh guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan untuk mencegah terjadinya tindakan bullying di SMP Negeri 5 Jombang, Untuk mendeksripsikan bentuk-bentuk upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam mencegah kasus bullying di SMP Negeri 5 Jombang. Untuk mengidentifikasi berbagai hambatan yang dihadapi oleh guru PAI dalam mencegah tindakan bullying dan menjelaskan strategi dan solusi yang diterapkan oleh guru PAI dalam mengatasi berbagai hambatan tersebut di SMP Negeri 5 Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Desain penelitiannya adalah penelitian lapangan. Desain penelitian yang digunakan dalam adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait. Selanjutnya tahap uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Guru PAI menanamkan ajaran Islam yang menekankan pentingnya akhlaqul karimah, seperti saling menghormati, menyayangi sesama dan tidak menyakiti orang lain baik secara fisik maupun verbal. Guru PAI juga menjadi contoh perilaku yang baik kepada peserta didik, adanya integrasi nilai anti-bullying dalam pembelajaran, adanya pembinaan karakter keagamaan, seperti : membaca Asmaul Husna, Tadarus Al-Qur’an bersama, Sholat Dhuha berjama’ah per angkatan, Sholat Zhuhur berjama’ah, kajian tentang akhlak, Istighosah, Adanya Rohis.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Hanzhalah
Date Deposited: 15 Oct 2025 09:59
Last Modified: 15 Oct 2025 09:59
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item
View Item