GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 3 JOMBANG

Nurbaeti, Siti and Indana, Nurul (2024) GAYA BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 3 JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2021112014940_cover.pdf.pdf] Text
2021112014940_cover.pdf.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2021112014940_ABSTRAK.PDF.pdf] Text
2021112014940_ABSTRAK.PDF.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 2021112014940_BAB I.PDF.pdf] Text
2021112014940_BAB I.PDF.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 2021112014940_BAB II.PDF.pdf] Text
2021112014940_BAB II.PDF.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 2021112014940_BAB III.PDF.pdf] Text
2021112014940_BAB III.PDF.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2021112014940_BAB IV.PDF.pdf] Text
2021112014940_BAB IV.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of 2021112014940_BAB V.PDF.pdf] Text
2021112014940_BAB V.PDF.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2021112014940_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.PDF.pdf] Text
2021112014940_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Selama ini siswa ketika belajar tidak bisa melepaskan diri dari beberapa hal yang dapat mengantarkan siswa berhasil dalam belajar. Banyak orang belajar dengan susah payah, akan tetapi tidak mendapatkan hasil apa-apa, hanya kegagalan demi kegagalan yang ditemui. Penyebabnya tidak lain karena belajar tidak teratur, tidak disiplin dan kurang bersemangat, tidak tau cara berkonsentrasi dalam belajar, mengabaikan masalah pengaturan waktu dalam belajar, dan istirahat yang tidak cukup. Oleh karena itu, guru perlu mengenali gaya belajar setiap siswa untuk menyesuaikan metode pengajaran. penggunaan berbagai metode pengajaran seperti visual, auditori, dan kinestetik akan membantu menjangkau semua siswa. Buatlah ruang kelas yang nyaman dengan pencahayaan yang baik, ventilasi yang memadai, dan minim kebisingan untuk meningkatkan konsentrasi siswa. Selain itu, dorong siswa untuk terlibat aktif dalam proses belajar melalui diskusi, kerja kelompok, proyek, dan aktivitas hands-on yang sesuai dengan gaya belajar mereka. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui, 1. Gaya belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMPN 3 Jombang, 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMPN 3 Jombang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya di lakukan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait. Selanjutnya tahap uji kebasahan data dengan perpanjanagan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Gaya belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMPN 3 Jombang yaitu a) Gaya belajar visual: 1) Cenderung melihat sikap, gerakan, dan bibir guru yang sedang mengajar, 2) Saat mendapat petunjuk untuk melakukan sesuatu, biasanya akan melihat teman-teman lainnya baru kemudian diri sendiri bertindak, b) Gaya belajar auditory: 1) Mampu mengingat dengan baik penjelasan guru di depan kelas, atau materi yang didiskusikan dalam kelompok atau kelas, 2) Cenderung banyak bicara, c) Gaya belajar kinestetik: 1) Menyentuh segala sesuatu yang dijumpainya, termasuk saat belajar, 2) Menyukai praktek atau percobaan. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa yaitu: a) Faktor fisik b) Emosional c) Sosiologis d) Lingkungan

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: siti nurbaeti
Date Deposited: 12 Dec 2024 05:53
Last Modified: 12 Dec 2024 09:11
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item
View Item