Maghfiroh, Nur Azah and Khudriyah, Khudriyah (2024) PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH MIFTAHUL HUDA KASEMBON MALANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.
2020112014755 COVER (2).pdf
Download (1MB)
2020112014755 ABSTRAK.pdf
Download (538kB)
2020112014755 BAB I.pdf
Download (695kB)
2020112014755 BAB II.pdf
Download (678kB)
2020112014755 BAB III.pdf
Download (625kB)
2020112014755 BAB IV.pdf
Download (1MB)
2020112014755 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
2020112014755 BAB V.pdf
Download (436kB)
2020112014755 DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu interaksi dua arah dari seseorang dan peserta didik, dimana antara keduanya saling terjadi komunikasi yang intens dan terarah menuju pada suatu target yang telah di tetapkan sebelumnya. Madrasah diniyah berfokus pada pembelajaran Kitab Kuning. Kitab Kuning yang merupakan teks-teks klasik berbahasa Arab yang membahas berbagai disiplin ilmu agama seperti fiqh, tauhid, tafsir, dan hadits. Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah merupakan lembaga pendidikan Islam yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman agama bagi anak-anak. Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Miftahul Huda Kasembon Malang menjadi salah satu bentuk nyata dari upaya pelestarian warisan intelektual Islam. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Miftahul Huda Kasembon Malang. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta solusinya Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Miftahul Huda Kasembon Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait. Selanjutnya tahap uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan diskusi teman. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Miftahul Huda Kasembon Malang di awali dengan tahap perencanaan yang dilakukan 4 langkah, yang pertama menentukan tujuan, merencanakan materi, merencanakan strategi pembelajaran dan pemilihan metode. Selanjutnya pelaksanaan pembelajaran Kitab Kuning yang dilakukan 4 langkah yang pertama pembacaan Kitab Kuning, menerjemahakan teks Arab , menjelaskan makna, dan sesi tanya jawab. Selain itu juga ada evaluasi, yang dilakukan dua kali dalam satu tahun menggunakan tes tulis. 2. Faktor pendukung dan penghambat Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Miftahul Huda Kasembon Malang Faktor pendukung pembelajaran Kitab Kuning meliputi kualitas guru, minat santri, dan minat orang tua. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran kitab kuning meliputi kegiatan kesenian tradisional, sekolah formal atau SD mengadakan bimbel dan kehadiran santri yang tidak konsisten.
Item Type: | Thesis (S1) (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | nur azah |
Date Deposited: | 08 Dec 2024 11:25 |
Last Modified: | 08 Dec 2024 11:25 |
URI: | http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/277 |