Novitasari, Titin and Winarti, Ika (2024) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS SUNAN GUNUNG JATI KABUH. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.
2020112014361_COVER.pdf
Download (1MB)
2020112014361_ABSTRAK.pdf
Download (159kB)
2020112014361_BAB I.pdf
Download (217kB)
20201124361_BAB II.pdf
Download (581kB)
2020112014361_BAB III.pdf
Download (241kB)
2020112014361_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (908kB) | Request a copy
2020112014361_BAB V.pdf
Download (120kB)
2020112014361_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (167kB)
Abstract
Pendidikan agama adalah suatu proses pengembangan potensi kreatif peserta didik untuk menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berkepribadian, cerdas, terampil, memiliki etos kerja yang tinggi, berbudi luhur, mandiri dan bertanggung jawab terhadap dirinya, bangsa, negara dan agama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1)Bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Sunan Gunung Jati Kabuh. 2) Apa saja problematika Pendidikan Agama Islam di MTs Sunan Gunung Jati Kabuh. 3)Bagaimana upaya mengatasi problematika Pendidikan Agama Islam di MTs Sunan Gunung Jati Kabuh. Penelitian ini menggunakan metode kualitataif, dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas data yang meliputi: perpanjangan pengamatan, triangulasi dan mengadakan member check. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verivikasi.Penelitian terdahulu 1) Hasil penelitian disimpukan bahwa Penelitian menemukan adanya kendala yang dihadapi guru yaitu keadaan sarana dan prasarana sebagai alat penunjang pendidikan .Perbedaan dengan penelitian ini yaitu pada fokus penelitian, pada penelitian yang dilakukan Rosma Yanti ini menekankan penelitian pada kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran PAI. Sedangkan pada penelitian ini fokus pada pemahaman siswa yang belum maksimal terhadap pembelajaran PAI. 2) Hasil penelitian disimpulkan bahwa problem yang dihadapi dalam merumuskan perencanaan pembelajaran adalah bagaimana menyesuaikan antara materi dengan metode. Perbedaan dengan penelitian ini yaitu pada fokus penelitian, pada penelitian yang dilakukan Rahmadi ini menekankan penelitian pada metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran PAI. Sedangkan pada penelitian ini fokus pada pemahaman siswa yang belum maksimal terhadap pembelajaran PAI. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Hasil penelitian menunujukan bahwa faktor penyebab rendahnya kualitas pendidikan agama Islam yaitu diantaranya: kurangnya perhatian orang tua terhadap pembinaan anak serta waktu yang tersedia bimbingan di sekolah sangat singkat.Perbedaan dengan penelitian ini yaitu pada fokus penelitian, pada penelitian yang dilakukan Yepi Juniarni ini menekankan penelitian pada kendala penyebab rendahnya kualitas pembelajaran PAI. Sedangkan pada penelitian ini fokus pada pemahaman siswa yang belum maksimal terhadap pembelajaran PAI.Hasil penelitian: (1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTs Sunan Gunung Jati Kabuh dapat dibuktikan bahwa a. Ijazah gurunya yang sudah linear, b. Sarana dan prasarana sudah cukup baik,c.guru sudah mengikuti seminar dll unutk meningkatkan kinerjanya.(2) Problematika Pembelajaran PAI di MTs Sunan Gunung Jati Kabuh meliputi:a. Keadaan lingkungan peserta didik yang kurang baik. b. Kemampuan membaca Al Qur’an yang belum lancar. c. Kurangnya kelengkapan administrasi seperti RPP dll. d. Ada sebagian guru yang menyabang disekolah lain.e. pemilihan media yang masih kurang kreatif. f. Pemilihan metode yang kurang bervariasi dan cenderung monoton, g.ada bebrapa siswa yang memiliki masalah dirumah misalnya broken home dll.(3) Upaya-Upaya Mengatasi Problematika PAI di MTs Sunan Gunung Jati kabuh adalah (a) Upaya pada peserta didik yaitu dengan cara membangkitkan minat belajar peserta didik, memberikan jam tambahan, tidak menyamaratakan cara belajar dengan semua siswa(b) upaya pada pendidik yaitu Guru datang tepat waktu dan menambahan materi diluar jam pelajaran, mengikuti seminar dll untuk meningkatkan kinerja serta dapat mengajar sesuai dengan zamannya (c) Upaya pada media Melengkapi administrasi seperti RPP dll dan Memperbanyak pengetahuan media pembelajaran. (d) Upaya pada metode meliputi Melakukan penambahan metode seperti metode diskusi untuk siswa lebih aktif dan Bangkit minat siswa atau membangkit keinginan siswa apa bila kegembiraan dikaitan dengan tujuan pendidikan agama Islam, belajar dengan metode diluar kelas dll.
Item Type: | Thesis (S1) (S1) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Titin Novitasari |
Date Deposited: | 07 Dec 2024 03:46 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 11:06 |
URI: | http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/241 |