PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA PRIMAGANDA JOMBANG

Ningsih, Baiq Nita Sulistia and Qamaria, Elysa Nurul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA PRIMAGANDA JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2020112014331_COVER.pdf.pdf] Text
2020112014331_COVER.pdf.pdf

Download (868kB)
[thumbnail of 2020112014331_ABSTRAK.pdf.pdf] Text
2020112014331_ABSTRAK.pdf.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 2020112014331_BAB I.pdf.pdf] Text
2020112014331_BAB I.pdf.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 2020112014331_BAB II.pdf.pdf] Text
2020112014331_BAB II.pdf.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of 2020112014331_BAB III.pdf.pdf] Text
2020112014331_BAB III.pdf.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 2020112014331_BAB IV.pdf.pdf] Text
2020112014331_BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of 2020112014331_BAB V.pdf.pdf] Text
2020112014331_BAB V.pdf.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 2020112014331_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf.pdf] Text
2020112014331_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peningkatan minat belajar siswa untuk mencapai hasil belajar yang optimal, terutama dalam mata pelajaran PAI yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan nilai-nilai moral siswa. Model PBL dipilih karena kemampuannya untuk mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran melalui pemecahan masalah nyata. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Primaganda Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis statistic inferensial dengan analisis uji komparasi paired sample t-test. Hasil penelitian ini adalah nilai signifikansi 0,030 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis nol (H0) atau hipotesis nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis kerja (H1) atau hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap minat belajar.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nita Baiq
Date Deposited: 04 Dec 2024 22:24
Last Modified: 09 Dec 2024 08:04
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item
View Item