IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMPN 2 DIWEK JOMBANG

Albaina, Fira and Masrufah, Binti (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMPN 2 DIWEK JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2020112200694_cover.pdf.pdf] Text
2020112200694_cover.pdf.pdf

Download (872kB)
[thumbnail of 2020112200694_ABSTRAK.pdf] Text
2020112200694_ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 2020112200694_BAB I.pdf] Text
2020112200694_BAB I.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of 2020112200694_BAB II.pdf] Text
2020112200694_BAB II.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of 2020112200694_BAB III.pdf] Text
2020112200694_BAB III.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 2020112200694_BAB IV.pdf] Text
2020112200694_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[thumbnail of 2020112200694_BAB V..pdf] Text
2020112200694_BAB V..pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 2020112200694_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
2020112200694_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (747kB)

Abstract

Manajemen perpustakaan sekolah adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap kegiatan pengadaan, pengelolaan, pelayanan, serta pemanfaatan bahan ajar di perpustakaan untuk mendukung proses belajar mengajar secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan manajemen perpustakaan di SMPN 2 Diwek Jombang, dan 2) Mendeskripsikan implementasi manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SMPN 2 Diwek Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara terstruktur, observasi langsung, dan dokumentasi arsip. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi sumber, waktu, serta teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen perpustakaan di SMPN 2 Diwek mencakup perencanaan berupa jadwal kunjungan per kelas, pengorganisasian melalui rapat bulanan MPS (Musyawarah Perpustakaan), pelayanan yang cepat dan sesuai prosedur, serta evaluasi terhadap bahan bacaan yang tidak layak pakai. Solusi untuk meningkatkan kesadaran terhadap fungsi perpustakaan meliputi program promosi perpustakaan dan sudut baca untuk mengatasi kebosanan tata ruang. 2) Implementasi manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca mencakup program sudut baca di kelas, pemberian penghargaan kepada siswa rajin membaca, kunjungan perpustakaan kota, promosi perpustakaan oleh guru, serta penyediaan kotak kritik dan saran. Selain itu, jadwal kunjungan perpustakaan disusun bekerja sama dengan guru kelas dan mata pelajaran, ditambah dengan pencatatan bacaan siswa untuk mengukur kuantitas bacaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan yang terorganisir dapat meningkatkan minat baca siswa dan memaksimalkan fungsi perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: FIRA ALBAINA
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:03
Last Modified: 11 Dec 2024 11:06
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item
View Item