Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama di SMPN 1 Mojowarno Jombang

Qoriroh, Siti and Mustofa, Ali (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Beragama di SMPN 1 Mojowarno Jombang. S1 thesis, STIT AL URWATUL WUTSQO.

[thumbnail of 2020.112.01.4737_COVER.pdf] Text
2020.112.01.4737_COVER.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 2020.112.01.4737_ABSTRAK.pdf] Text
2020.112.01.4737_ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4737_BAB I.pdf] Text
2020.112.01.4737_BAB I.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4737_BAB II.pdf] Text
2020.112.01.4737_BAB II.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4737_BAB III.pdf] Text
2020.112.01.4737_BAB III.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4737_BAB IV.pdf] Text
2020.112.01.4737_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
[thumbnail of 2020.112.01.4737_BAB V.pdf] Text
2020.112.01.4737_BAB V.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4737_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN AKHIR.pdf] Text
2020.112.01.4737_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN AKHIR.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nilai-Nilai Toleransi BeragamaPendidikan agama tentang toleransi beragama sangatlah diperlukan untuk memberikan pedoman kepada pemeluknya tentang bagaimana berinteraksi dengan pemeluk agama lain. Fungsi guru dan sekolah dalam proses pendidikan agama tentang toleransi antar umat beragama ini adalah mengajar, mendidik, membina, mengarahkan dan membentuk watak dan kepribadian, sehingga peserta didik itu berubah menjadi manusia yang memiliki ilmu pengetahuan, cerdas dan bermartabat. Maka dari itu sikap toleransi sangatlah penting bagi umat beragama, karena dengan adanya sikap toleransi manusia bisa saling mengenal satu sama lain dan juga dapat menghargai agama yang dianut orang lain. Dari situlah akan tercipta suatu kerukunan dalam beragama ataupun dalam bermasyarakat, karena hidup dengan kerukunan sangatlah mempengaruhi pribadi seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama pada peserta didik di SMPN 1Mojowarno Jombang. 2) Nilai-nilai toleransi beragama pada peserta didik di SMPN 1 Mojowarno Jombang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain yaitu reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Display Data) dan penarikan kesimpulan (Conclusion Drawing). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama pada peserta didik di SMPN 1 Mojowarno Jombang, yaitu: a) Guru sebagai pendidik, dari segi perkembangan karakter dan moral. b) Guru sebagai pembimbing, memberikan arahan dan bimbingan secara perlahan. c) Guru sebagai model atau contoh, menunjukkan sikap yang positif. d) Guru sebagai motivator, selalu memberikan motivasi. e) Guru sebagai pengajar, mengajar dengan efektif. f) Guru sebagai evaluator, guru mengadakan evaluasi secara lisan maupun tulisan. 2) Nilai-nilai toleransi beragama pada peserta didik di SMPN 1 Mojowarno Jombang, yaitu: a) Menumbuhkan rasa saling percaya, terutama dalam hal bertoleransi menumbuhkan rasa saling percaya akan menciptakan kehidupan yang harmonis, saling pengertian dan perdamaian. b) Mengutamakan perilaku saling menghormati, dalam hal menghormati teman yang berbeda agama dalam menjalankan ajaran agamanya masing-masing.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Qoriroh
Date Deposited: 14 Nov 2024 05:34
Last Modified: 14 Nov 2024 05:34
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/181

Actions (login required)

View Item
View Item