STRATEGI KIAI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING MELALUI METODE AMTSILATI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI'IN AMTSILATI KEDIRI

Imrhon, M. Ali and Mujahidin, Mujahidin (2025) STRATEGI KIAI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KITAB KUNING MELALUI METODE AMTSILATI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADI'IN AMTSILATI KEDIRI. S1 thesis, STIT UW Jombang.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[thumbnail of ABSTARCK.pdf] Text
ABSTARCK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren sering menghadapi kendala, di antaranya rendahnya kemampuan membaca dan memahami teks Arab tanpa harakat, meskipun santri telah belajar bertahun-tahun. Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in Amtsilati Kediri menerapkan metode Amtsilati sebagai upaya mempercepat penguasaan nahwu dan sharaf guna meningkatkan kualitas pembelajaran kitab kuning. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi kiai dalam meningkatkan kualitas pembelajaran kitab kuning melalui metode Amtsilati, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kiai dilaksanakan melalui perencanaan pembelajaran yang terstruktur yakni melalui sorogan, bandongan, musyawaroh, penerapan metode Amtsilati secara klasikal dan individual, serta evaluasi rutin melalui tes lisan dan tertulis. Penerapan metode Amtsilati terbukti efektif meningkatkan kemampuan santri membaca kitab kuning dalam waktu 3–6 bulan. Strategi kiai yang terencana dan konsisten berkontribusi signifikan terhadap peningkatan mutu pembelajaran kitab kuning di pesantren.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.Pd. M Ali Imrhon
Date Deposited: 03 Nov 2025 22:27
Last Modified: 03 Nov 2025 22:27
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item
View Item