Saira Mochsen, Siti and Nurul Qomaria, Elysa (2024) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AYAT-AYAT AL-QUR'AN DI MI AL URWATUL WUTSQO 1 JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo.
2020112014804_COVER.pdf
Download (1MB)
2020112014804_ABSTRAK.pdf
Download (191kB)
2020112014804_BAB I.pdf
Download (323kB)
2020112014804_BAB II.pdf
Download (344kB)
2020112014804_BAB III.pdf
Download (214kB)
2020112014804_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (591kB) | Request a copy
2020112014804_BAB V.pdf
Download (147kB)
2020112014804_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Ekstrakurikuler kaligrafi merupakan kegiatan yang dilakukan sekolah untuk mengembangkan minat dan bakat siswa yang dapat terlihat potensi yang ada pada diri peserta didik dalam meningkatkan kemampuan menulis. Kemampuan menulis ayat-ayat Al-Qur’an adalah salah satu kemampuan yang tidak dapat diabaikan sebab menulis adalah salah satu kegiatan yang mempunyai hubungan dengan proses berpikir serta ekspresi dalam bentuk tulisan Arab yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa di MI Al Urwatul Wutsqo 1 Jombang. Skripsi ini membahas tentang kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan kemampuan menulis ayat-ayat Al-Qur’an di MI Al Urwatul Wutsqo 1 Jombang. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kegiatan ekstarkurikuler kaligrafi. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis ayat-ayat Al-Qur’an. 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan kemampuan menulis ayat-ayat Al-Qur’an. Untuk mendapatkan jawaban permasalahan di atas maka peneliti melakukan penelitian dengan metode kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji kredibilitas data yang meliputi: perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Setelah melakukan analisis terhadap data yang diperoleh maka hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan kemampuan menulis ayat-ayat Al-Qur’an di MI Al Urwatul Wutsqo 1 Jombang yaitu: 1) Kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi di MI Al Urwatul Wutsqo 1 Jombang adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis tulis dan menambah wawasan siswa untuk menulis dengan baik sesuai dengan kaidah Al-Qur'an dan dengan cara yang mengagungkan kalam Allah. Mengajarkan khat naskhi, khat tsulust, dan khat Khoufi. 2) Kemampuan sisiwa dalam menulis Al-Qur’an di MI Al Urwatul Wutsqo 1 Jombang terdapat tiga metode yaitu: Penerapan keterampilan sebelum menulis huruf, pengajaran menyalin dengan cara mencontoh dan tidak mencontoh, pengajaran menulis bebas mengetahui tingkat kemampuan siswa. 3) Faktor yang mempengaruhi kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam meningkatkan kemampuan menulis ayat-ayat Al-Qur’an di MI Al Urwatul Wutsqo 1 Jombang meliputi: faktor internal (dari dalam) berupa bawaan sejak lahir (bakat) dan faktor eksternal (dari luar) berupa lingkungan kelas,keluarga dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (S1) (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Saira Mochsen |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 10:27 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 14:09 |
URI: | http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/71 |