Listari, Meva Futri and Naelasari, Desy (2024) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN STRES DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs SALAFIYAH SYAFI’IYAH BANDUNG DIWEK JOMBANG. S1 thesis, STIT AL - URWATUL WUTSQO JOMBANG.
2020112014268_COVER.pdf
Download (941kB)
2020112014268_ABSTRAK.pdf
Download (151kB)
2020.112.01.4268 _ BAB I.pdf
Download (246kB)
2020.112.01.4268 _ BAB II .pdf
Download (268kB)
2020.112.01.4268 _ BAB III .pdf
Download (135kB)
2020.112.01.4268 _ BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only
Download (410kB) | Request a copy
2020.112.01.4268 _ BAB V .pdf
Download (158kB)
2020.112.01.4268 _ DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN .pdf
Download (886kB)
2020.112.01.4268 _ BIOGRAFI PENULIS.pdf
Download (151kB)
Abstract
Perasaan stres yang sering dialami siswa adalah stres akademik. Stres akademik muncul ketika siswa tidak mampu memenuhi harapannya untuk dapat meraih prestasi akademik, baik dari orang tua, guru maupun teman sebaya. Untuk menghindari terjadinya stres dalam belajar, perlunya kemampuan dalam mengelola atau memanajemen stres (stress management). Sekolah sebagai lembaga pendidikan memegang peran penting meningkatkan kemampuan siswa untuk dapat mengelola stres dan memberikan pembelajaran kepada siswa untuk mengatasi masalah dan ujian yang mereka hadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) pengelolaan stres pada mata elajaran akidah akhlak di MTs Salafiyah Syafi’iyah Bandung Diwek Jombang. 2) faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan prestasi akademik siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Salafiyah Syafi’iyah Bandung Diwek Jombang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh, yakni: 1) Pengelolaan stres pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Salafiyah Syafi’iyah Bandung Diwek Jombang yaitu berupa a) Cognitive restructuring, yaitu dengan mengubah cara berpikir negatif menjadi positif. yaitu melakukan pembiasaan salah satunya yaitu kultum pagi sebelum jam pembelajaran di kelas dan memberikan nasehat kepada siswa bahwa mereka pasti bisa b) Time manajement yaitu mengatur waktu dengan menggunakan metode aum (alat ungkap masalah). c) Relaxation technique yaitu melakukan ice breaking sebentar seperti menggeleng-gelengkan kepala, pinggul, kaki dan tangan supaya tidak stres agar rileks. 2) faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan prestasi akademik siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Salafiyah Syafi’iyah Bandung Diwek Jombang yaitu: a) faktor Internal yaitu guru memberikan perhatian dan juga memberikan motivasi kepada siswa. b) faktor eksternal yaitu membiasakan ice breaking sebelum memulai pembelajaran, memberikan sebuah gurauan, menggunakan model pembelajaran yang bervariatif, Sudah tersedia proyektor, buku-buku diperpustakan serta blk yang ada AC, waktu yang efektif dimulai pukul 06.30 sampai 13:00, membuat kontrak belajar.
Item Type: | Thesis (S1) (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | meva futri listari |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 03:10 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 13:14 |
URI: | http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/58 |