Al Haqi, Zeidan Syaif and Mustofa, Ali (2025) Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di SDQ Al Hanif Jombang. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo.
COVER - DAFTAR ISI.pdf
Download (790kB)
ABSTRAK.pdf
Download (89kB)
BAB I.pdf
Download (232kB)
BAB II.pdf
Download (255kB)
BAB III.pdf
Download (97kB)
BAB IV.pdf
Download (292kB)
BAB V.pdf
Download (56kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (128kB)
Lampiran.pdf
Download (472kB)
BIOGRAFI PENULIS.pdf
Download (59kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran dan strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi perilaku bullying siswa di SDQ Al Hanif Jombang serta memperkuat penerapan nilai-nilai Islam dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan ramah anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap guru PAI, kepala sekolah, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bullying yang terjadi di SDQ Al Hanif meliputi bullying verbal, non-verbal, dan pemboikotan sosial. Guru PAI memainkan peran sebagai pendidik, konselor, mediator, dan teladan akhlak. Strategi yang diterapkan guru PAI meliputi pendekatan preventif melalui integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran, pendekatan kuratif berupa mediasi dan pembinaan spiritual terhadap korban dan pelaku, serta strategi penguatan karakter melalui kegiatan keagamaan dan pembiasaan akhlak mulia. Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru PAI memiliki peran strategis dalam membentuk karakter siswa dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan ramah anak berbasis nilai-nilai Islam.
| Item Type: | Thesis (S1) (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S.Pd Zeidan Syaif Al haqi |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 22:08 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 22:08 |
| URI: | http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/521 |

