Wulandari, Mei and Naelasari, Desy (2025) KEGIATAN SENI HADRAH AHBAABUN NABI DALAM PEMBINAAN AKHLAK RELIGIUS REMAJA DI DESA CARANGWULUNG WONOSALAM JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.
2021112014818_Cover.pdf
Download (819kB)
2021112014818_ABSTRAK.pdf
Download (295kB)
2021112014818_BAB I.pdf
Download (326kB)
2021112014818_BAB II.pdf
Download (490kB)
2021112014818_BAB III.pdf
Download (341kB)
2021112014818_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (851kB) | Request a copy
2021112014818_BAB V.pdf
Download (303kB)
2021112014818_DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN 1,2,3 (1).pdf
Download (610kB)
Abstract
Kegiatan seni hadrah merupakan salah satu bentuk kesenian Islam yang tidak hanya menampilkan aspek artistik, tetapi juga mengandung nilai-nilai religius yang dapat menjadi sarana pembinaan akhlak bagi remaja. Di tengah berbagai tantangan moral dan sosial yang dihadapi remaja masa kini, kegiatan keagamaan seperti hadrah menjadi alternatif positif dalam membentuk karakter religius. Penelitian ini berangkat dari fenomena sosial di Desa Carangwulung, Wonosalam, Jombang, di mana kelompok seni hadrah Ahbaabun Nabi memiliki peran aktif dalam membina akhlak religius remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan bagaimana proses pembinaan akhlak religius remaja melalui kegiatan seni hadrah Ahbaabun Nabi serta untuk mendiskripsikan faktor-faktor yang mendukung proses pembinaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan terdiri dari pembina hadrah, anggota hadrah, orang tua, dan kepala desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pembinaan dilakukan melalui berbagai aktivitas seperti latihan rutin, kajian keislaman, kegiatan Maulid Diba’, serta penampilan di berbagai acara keagamaan. Nilai-nilai seperti kedisiplinan, cinta kepada Rasul, tanggung jawab, dan sopan santun tertanam secara bertahap dalam diri para remaja. 2) Adapun faktor pendukung pembinaan antara lain: dukungan dari tokoh agama dan masyarakat, sinergi dengan lembaga pendidikan dan masjid, kepemimpinan pembina yang inspiratif, serta adanya rasa kekeluargaan yang kuat dalam kelompok. 3) Adapun faktor penghambat antara lain: faktor media dan teknologi yaitu pengaruh media sosial dan teknologi yang tidak terkontrol dapat membawa pengaruh negatif seperti pergaulan bebas yang dapat merusak pembentukan akhlak religius, kurangnya fasilitas dan sarana pendukung pembinaan. Sehingga dapat disimpulkan kegiatan seni hadrah Ahbaabun Nabi memberikan dampak positif terhadap pembinaan akhlak religius remaja.
| Item Type: | Thesis (S1) (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email meiwuland692@gmail.com |
| Date Deposited: | 23 Oct 2025 00:08 |
| Last Modified: | 23 Oct 2025 00:08 |
| URI: | http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/493 |

