PROBLEMATIKA MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN BANI YA’QUB DIWEK JOMBANG

Kamaliya, Alfa Nurul and Khudriyah, Khudriyah (2025) PROBLEMATIKA MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN BANI YA’QUB DIWEK JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2021112014860_COVER.pdf] Text
2021112014860_COVER.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of 2021112014860_ABSTRAK.pdf] Text
2021112014860_ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 2021112014860_BAB I.pdf] Text
2021112014860_BAB I.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of 2021112014860_BAB II.pdf] Text
2021112014860_BAB II.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of 2021112014860_BAB III.pdf] Text
2021112014860_BAB III.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 2021112014860_BAB IV.pdf] Text
2021112014860_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 2021112014860_BAB V.pdf] Text
2021112014860_BAB V.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 2021112014860_DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
2021112014860_DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang diturunkan sebagai pedoman hidup dan memiliki keutamaan besar dalam kehidupan, salah satunya adalah perintah untuk menghafalnya. Namun dalam praktiknya, proses menghafal Al-Qur’an tidaklah mudah, terutama bagi santri yang juga berstatus sebagai mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi santri mahasiswa dalam menghafal Al-Qur’an serta solusi yang dilakukan di Pondok Pesantren Bani Ya’qub Diwek Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika utama yang dihadapi santri mahasiswa dalam menghafal Al-Qur’an meliputi lemahnya daya ingat, rasa jenuh dan malas, kualitas hafalan yang menurun, motivasi yang fluktuatif, serta aktivitas akademik yang menyita waktu dan energi. Analisis data menunjukkan bahwa hambatan tersebut dipengaruhi faktor internal seperti kelelahan, kurangnya murojaah, lemahnya motivasi, dan tidak adanya target realistis, serta faktor eksternal seperti padatnya jadwal akademik. Adapun solusi yang diterapkan untuk mengatasi problematika tersebut meliputi pembiasaan membaca dan murajaah, pemberian motivasi oleh ustadzah, peningkatan komitmen melalui kegiatan tasmi’, rutinitas ibadah untuk menjernihkan hati, serta pengaturan waktu yang seimbang antara kuliah dan hafalan. Temuan ini menegaskan pentingnya perpaduan strategi kognitif, spiritual, dan manajemen waktu untuk menjaga kelancaran dan keberlanjutan hafalan santri mahasiswa.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfa Kamaliya
Date Deposited: 22 Oct 2025 09:43
Last Modified: 22 Oct 2025 09:43
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item
View Item