IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PENANAMAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SANTRI DI TPQ AL-MAHMUD KERAS DIWEK JOMBANG

Hidayah, Nur and Ainiyah, Qurrotul (2024) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM PENANAMAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SANTRI DI TPQ AL-MAHMUD KERAS DIWEK JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2021.112.01.4977_COVER.pdf] Text
2021.112.01.4977_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2021.112.01.4977_ABSTRAK.pdf] Text
2021.112.01.4977_ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4977_BAB I.pdf] Text
2021.112.01.4977_BAB I.pdf

Download (670kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4977_BAB II.pdf] Text
2021.112.01.4977_BAB II.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4977_BAB III.pdf] Text
2021.112.01.4977_BAB III.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4977_BAB IV.pdf] Text
2021.112.01.4977_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 2021.112.01.4977_BAB V.pdf] Text
2021.112.01.4977_BAB V.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4977_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
2021.112.01.4977_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4977_Lampiran 1.pdf] Text
2021.112.01.4977_Lampiran 1.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4977_Lampiran  2.pdf] Text
2021.112.01.4977_Lampiran 2.pdf

Download (963kB)

Abstract

Pada zaman sekarang masih banyak anak-anak yang kurang tertarik oleh pembelajaran Al-Quran dan belum bisa membaca Al-Quran serta menulis huruf hijaiyyah dengan baik. Walaupun memiliki kemampuan membaca, namun belum sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrojul huruf yang benar. Mengenai permasalahan tersebut terdapat pembelajaran metode Yanbu’a yang dapat menarik perhatian anak-anak untuk mau mempelajari Al-Quran sesuai dengan kaidah ilmu tajwid yang benar yang menyesuaikan dengan kemampuan sehingga seluruh anak-anak bisa terlatih kefasihannya mulai usia anak-anak sampai dewasa. Inilah yang melatar belakangi peneliti tertarik untuk mengkaji skripsi yang berjudul: Implementasi metode Yanbu’a dalam penanaman kemampuan membaca Al-Quran santri di TPQ Al-Mahmud Keras Diwek Jombang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan : Penerapan metode Yanbu’a dalam penanaman kemampuan membaca Al-Quran Santri di TPQ Al-Mahmud Keras Diwek Jombang, Kemampuan santri dalam membaca Al-Quran di TPQ Al-Mahmud Keras Diwek Jombang, Kelebihan dan Kekurangan penerapan metode Yanbu’a di TPQ Al-Mahmud Keras Diwek Jombang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Rancangan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yakni melalui penerapan metode Yanbu’a yaitu: musyahadah, ‘Ardul Qira’ah dan pengulangan ketiga langkah ini sudah mampu menjadikan rata-rata santri Al-Mahmud memiliki kemampuan dalam membaca Al-Quran dengan fasohah sebab Ustadzah mengajar sudah sesuai dengan prosedur tata cara pengajaran yang telah ditentukan dalam kitab Yanbu’a pada bimbingan mengajar Yanbu’a. Kemampuan santri dalam dalam melafalkan/melisankan apa yang tertulis dalam kitab suci Al-Quran dengan benar sesuai indikator kemampuan membaca Al-Quran, meliputi: santri sudah mampu membaca Al-Quran dengan fasohah, mampu menerapkan tajwid dan melafalkan sesuai makhrojnya. Kelebihan belajar menggunakan metode Yanbu’a ini tidak mempersulit santri karna penulisannya, waqof maupun tanda bacanya di Yanbu’a sesuai dengan Al-Quran sehingga mampu menghasilkan anak cepat baca tulis Al-Quran. Kekurangan pada metode Yanbu’a pengajar Yanbu’a harus sesuai dengan ketentuan/prosedur cara pengajaran Yanbu’a yaitu mengunakan suara yang keras sehingga santri merasa capek, tenggorokanya sakit karna meniru bacaan ustadzah dengan suara keras.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hidayah
Date Deposited: 23 Jul 2024 13:17
Last Modified: 27 Aug 2024 21:26
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item
View Item