NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU DEAR SHALEHAH KARYA APRILIA KARTIKA

Syamsiyah, Siti Nur Alfiah and Naelasari, Desy (2025) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BUKU DEAR SHALEHAH KARYA APRILIA KARTIKA. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2021.112.01.4872_COVER.pdf] Text
2021.112.01.4872_COVER.pdf

Download (742kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4872_ABSTRAK.pdf] Text
2021.112.01.4872_ABSTRAK.pdf

Download (735kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4872_BAB I.pdf] Text
2021.112.01.4872_BAB I.pdf

Download (823kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4872_BAB II.pdf] Text
2021.112.01.4872_BAB II.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4872_BAB III.pdf] Text
2021.112.01.4872_BAB III.pdf

Download (663kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4872_BAB IV.pdf] Text
2021.112.01.4872_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of 2021.112.01.4872_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
2021.112.01.4872_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (513kB)

Abstract

Pendidikan Islam berfungsi untuk membimbing dan mengarahkan perkembangan peserta didik dari satu fase ke fase berikutnya dalam kehidupan, hingga mereka mencapai potensi maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian yang mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan Islam di dalam buku Dear Shalehah Karya Aprilia Kartika. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Dear Shalihah Karya Aprilia Kartika, dan Untuk mengkaji dan menganalisis relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam buku Dear Shalehah Karya Aprilia Kartika dengan pendidikan Islam era kontemporer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka atau library research. Sumber data menggunakan data primer yang berupa buku Dear Shalehah, dan sumber sekunder berasal dari buku, dan artikel yang relevan dengan penelitian ini. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Konsep nilai-nilai pendidikan Islam dalam Buku Dear Shalehah ada tiga nilai utama: Nilai akidah: menyakini bahwa Allah adalah sebaik-baiknya Sang Pencipta, Allah menciptakan langit dan bumi sesuai dengan takaran yang pas, manusia harus menyakini bahwa Allah hanyalah tempat untuk meminta, dan tempat untuk berdoa serta tidak ada tempat lain kecuali Allah. Nilai ibadah: senantiasa menjalankan perintah Allah dan menghindari segala larangan Allah. Senantiasa melakukan kebaikan atas niat kepada Allah. Nilai akhlak: menghormati orang lain yang berbeda pendapat, menghormati orang tua, senantiasa memaafkan orang lain, senantias mendoakan orang lain, tidak memiliki dendam kepada orang lain, dan senantiasa selalu menolong orang lain serta menyayangi binatang; Kedua, Relevansi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Buku Dear Shalehah Karya Aprilia Kartika dengan Pendidikan Islam Era Kontemporer secara general, bahwa nilai-nilai pendidikan kontemporer yang tercermin di dalam buku Dear Shalehah itu lebih menonjol kepada nilai karakter. Penulis mengajak pembaca untuk mengimplementasikan karakter religius berupa menghormati perbedaan pendapat, mengajak manusia untuk senantiasa mengatakan maaf, terimakasih, tolong, dan memiliki rasa hormat terhadap orang tua.. Maka relevasinya buku Dear Shalehah dengan pendidikan kontemporer saat ini adalah terletak pada sisi karakternya. Dear Shalehah membuktikan bahwa dakwah dan pendidikan Islam dapat dikemas secara segar tanpa kehilangan kedalaman makna. Keberhasilan buku ini dalam menyampaikan nilai-nilai Islam secara relevan patut menjadi inspirasi bagi pengembangan materi pendidikan agama di era kontemporer.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nur Alfiah Syamsiyah
Date Deposited: 18 Oct 2025 15:08
Last Modified: 18 Oct 2025 15:08
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item
View Item