Manajemen Kurikulum Muatan Lokal dalam Mengembangkan Kemampuan Baca Tulis Al Qur'an di SMPN 2 Diwek

Putri, Irmalia and Afif, Zahrotun Ni'mah (2024) Manajemen Kurikulum Muatan Lokal dalam Mengembangkan Kemampuan Baca Tulis Al Qur'an di SMPN 2 Diwek. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2020112200696_COVER .pdf] Text
2020112200696_COVER .pdf

Download (585kB)
[thumbnail of 2020112200696_ABSTRAK.pdf] Text
2020112200696_ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 2020112200696_BAB I.pdf] Text
2020112200696_BAB I.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 2020112200696_BAB II.pdf] Text
2020112200696_BAB II.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 2020112200696_BAB III.pdf] Text
2020112200696_BAB III.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 2020112200696_BAB IV.pdf] Text
2020112200696_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[thumbnail of 2020112200696_BAB V.pdf] Text
2020112200696_BAB V.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 2020112200696_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
2020112200696_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen kurikulum sebagai rancangan pendidikan mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam seluruh aspek kegiatan pendidikan. Mengingat pentingnya peranan kurikulum di dalam pendidikan dan perkembangan kehidupan peserta didik, maka penyusunan kurikulum tidak dapat dilakukan tanpa landasan yang kokoh dan kuat. Pemerintah Kabupaten Jombang saat ini sedang melakukan inovasi di bidang pendidikan dengan menggunakan muatan kurikulum agama lokal. Muatan kurikulum lokal ini dicetuskan untuk mewujudkan misi Bupati Jombang, yakni “Jombang Beriman dan Berdaya Saing”. Setelah diperhatikan di lapangan, ternyata masih banyak ditemukan peserta didik yang belum mahir dalam bidang keagamaan, terutama dalam bidang baca tulis Al-Qur’an (BTQ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan model pengembangan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi dari manajemen kurikulum muatan lokal dalam mengembangkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an di SMPN 2 Diwek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini, peneliti mengambil 3 uji keabsahan data, yaitu perpanjangan pengamatan, triangulasi data, dan member check, dengan teknik analisis data model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum muatan lokal ini pada awalnya dikembangkan dengan model administratif, lalu seiring berjalannya waktu berubah menjadi model grass-root. Pendekatan model grass-root digunakan karena pada proses pembelajaran mulai muncul masukan-masukan terkait materi pembelajaran yang disampaikan oleh pembimbing kepada pengawas sekolah. Perencanaan kurikulum dilanjutkan oleh pembimbing muatan lokal dengan memulai pembuatan rencana pembelajaran pada awal semester, dengan menyiapkan perangkat pembelajaran yang akan disetorkan pada pihak sekolah untuk dimonitoring kelengkapannya. Selanjutnya, pengorganisasian manajemen kurikulum dilakukan oleh waka kurikulum dengan membagi jam mengajar dan membuat jadwal pelajaran. Pelaksanaan dari kurikulum ini dibuktikan dengan adanya proses belajar mengajar di kelas sesuai dengan jadwal mengajar yang diberikan oleh pihak sekolah. Untuk mengembangkan kemampuan baca Al-Qur’an, terdapat materi membaca Al-Qur’an 2 Juz per semester pada muatan lokal keagamaan, serta ilmu tajwid dan penerapannya dalam membaca Al-Qur’an dalam kitab Syifa’ul Jinan. Materi imlak surah pendek pada muatan lokal keagamaan diawali dengan pengenalan imlak pada peserta didik dan dilanjutkan dengan latihan imlak menggunakan surah-surah pendek. Evaluasi manajemen kurikulum dapat diketahui bahwa evaluasi yang dimaksud ada 2 jenis, yaitu evaluasi peserta didik dan evaluasi guru. Evaluasi peserta didik berupa sumatif per tiap materi yang disesuaikan dengan Tujuan Pembelajaran (TP), yang hasilnya akan digabungkan untuk dijadikan penilaian akhir pada raport peserta didik. Evaluasi guru berupa evaluasi terhadap pelaksanaan proses mengajar yang dilakukan oleh kepala sekolah dan tim supervisi dari guru senior.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Irmalia Putri
Date Deposited: 02 Dec 2024 05:56
Last Modified: 02 Dec 2024 05:56
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item
View Item