Bahi, Tulifa Nurbeka (2024) TANTANGAN GURU PAI DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN GLOBALISASI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SMK MATSNA KARIM JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.
2020112014805_COVER.pdf
Download (3MB)
2020112014805_ABSTRAK.pdf
Download (182kB)
2020112014805_BAB I.pdf
Download (393kB)
2020112014805_BAB II.pdf
Download (580kB)
2020112014805_BAB III.pdf
Download (350kB)
2020112014805_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (553kB) | Request a copy
2020112014805_BAB V.pdf
Download (15kB)
2020112014805_DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Download (941kB)
Abstract
Kita kini telah memasuki era revolusi industri 4.0 dimana kebutuhan dunia. Pendidikan akan teknologi merupakan suatu keniscayaan. Oleh karena itu, guru dituntut mempunyai kompetensi yang tinggi untuk menghadapi perkembangan teknologi. Seiring dengan perkembangan zaman, persoalan guru memang sangat kompleks. Terlebih menjadi guru di abad 21 sangat berbeda dengan guru di abad 20-an, kini eksistensi guru tidak lagi dilihat dari kharismanya semata. Lebih dari itu, guru sekarang di tuntut bagaimana berupaya mampu berkomunikasi dan beradaptasi mengikuti arah tantangan zaman. Guru di era digital haruslah mampu berinovasi dan berkreasi, karena system pembelajaran tahun 80-an sudah tidak di terima oleh peserta didik zaman sekarang. Tujuan penelitian: 1. Untuk mendeskripsikan apa saja tantangan era globalisasi revolusi industri 4.0 bagi guru PAI di SMK Matsna Karim Jombang. 2. Untuk mendeskripsikan solusi kongkrit guru PAI dalam menghadapi tantangan zaman di SMK Matsna Karim Jombang. Adapun metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Tantangan guru PAI menghadapi perubahan globalisasi era revolusi industry 4.0 di SMK Matsna Karim Jombang adalah merosotnya akhlak akibat perubahan IPTEK dan Globalisasi, krisis sosial, guru harus menjadi teladan, media pembelajaran berbasis teknologi. 2. Solusi kongkrit yang dilakukan guru PAI di SMK Matsna Karim Jombang adalah dengan memberikan blended learning, memberikan tugas menyelesaikan suatu masalah dengan mencari solusi di web-web, mengajar dengan menggunakan word processor (wp), melakukan pembelajaran dengan sistem online.
Item Type: | Thesis (S1) (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tulifa Nurbeka Bahi |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 22:21 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 22:21 |
URI: | http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/201 |