PENGARUH DAKWAH DI INSTAGRAM TERHADAP PEMAHAMAN ISLAM GENERASI MILLENIAL

Khairunnisa, Irdina (2024) PENGARUH DAKWAH DI INSTAGRAM TERHADAP PEMAHAMAN ISLAM GENERASI MILLENIAL. S1 thesis, STIT AL Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2020112014285_cover.pdf] Text
2020112014285_cover.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 2020112014285_abstrak.pdf] Text
2020112014285_abstrak.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 2020112014285 bab 1.pdf] Text
2020112014285 bab 1.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 2020112014285_bab 2.pdf] Text
2020112014285_bab 2.pdf

Download (951kB)
[thumbnail of 2020112014285_bab3.pdf] Text
2020112014285_bab3.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 2020112014285_bab 4.pdf] Text
2020112014285_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[thumbnail of 2020112014285_bab 5.pdf] Text
2020112014285_bab 5.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 2020112014285 daftar pustaka & lampiran.pdf] Text
2020112014285 daftar pustaka & lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dakwah di Intagram merupakan aktivitas yang sangat penting bagi umat ‎Islam, sehingga Islam dapat diketahui, ‎dipahami, diamalkan dari generasi ke ‎generasi. Dakwah di Instagram dapat diartikan dakwah ‎merupakan bentuk ‎interaksi sosial dengan menggunakan media sosial berbasis internet yang berupa ‎Instagram dalam penyebarannya. Penelitian ini terdapat dua variabel yakni ‎variabel independen yaitu dakwah di Instagram (X) dan variabel dependen yaitu ‎Pemahaman Islam Generasi Milenial (Y). Latar belakang pemilihan judul karena ‎besarnya pengguna Instagram serta munculnya dakwah-dakwah dengan ‎menggunakan media Instagram yang dimana subjek dan objek dakwahnya adalah ‎para generasi milenial. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh ‎dakwah di Instagram terhadap pemahaman Islam generasi milenial pada alumni ‎SMK Negeri 2 Jombang 2013-2014 sebanyak 20 0rang. Metode yang digunakan ‎dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian ‎correlational researh design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ‎dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Setelah data terkumpul, sebelum ‎dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji instrumen data, yaitu dengan uji ‎validitas. Uji validitas menggunakan uji validitas internal melalui tiga ahli yang ‎kemudian dibagikan kepada responden untuk memperoleh data. Dari hasil analisis ‎data melalui uji regresi linier sederhana dalam penelitian ini diperoleh hasil nilai ‎sig (2- tailed)= 0,685. Karena hasil sig (2-tailed) > α dengan ketentuan Nilai α = ‎‎0,05 atau 5% maka H0 diterima, dan H1 ditolak. Atau secara analisis statistik ‎inferensial tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara dakwah di Instagram ‎terhadap pemahaman Islam generasi milenial alumni SMK Negeri 2 Jombang ‎‎2013-2014.‎

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irdina Khairunnisa
Date Deposited: 13 Nov 2024 04:20
Last Modified: 13 Nov 2024 04:20
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item
View Item