Implementasi Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMPN 3 Peterongan Jombang

Ahmad, Wilanti and An Nahdliyah, Khumairoh (2024) Implementasi Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SMPN 3 Peterongan Jombang. S1 thesis, STIT AL URWATUL WUTSQO.

[thumbnail of 2020.112.01.4802_COVER.pdf] Text
2020.112.01.4802_COVER.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 2020.112.01.4802_ABSTRACT.pdf] Text
2020.112.01.4802_ABSTRACT.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 2020.112.01.480_ BAB I.pdf] Text
2020.112.01.480_ BAB I.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4802_BAB II.pdf] Text
2020.112.01.4802_BAB II.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4802_BAB III.pdf] Text
2020.112.01.4802_BAB III.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4802_BAB IV.pdf] Text
2020.112.01.4802_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 2020.112.01.4802_BAB V.pdf] Text
2020.112.01.4802_BAB V.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 2020.112.01.4802_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
2020.112.01.4802_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembentukan karakter merupakan tanggung jawab berbagai pihak, termasuk guru, orang tua, dan masyarakat melalui lembaga formal di sekolah serta lembaga nonformal di lingkungan keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi Kurikulum Pesantren di SMPN 3 Peterongan Jombang, 2) Tingkat religiusitas yang terbentuk dari implementasi kurikulum tersebut, dan 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter religius siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dianalisis melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Pesantren di SMPN 3 Peterongan Jombang berlangsung dengan baik melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang menyeluruh. Guru mengadakan workshop, menggunakan modul pondok, dan melaksanakan ujian bagi siswa. Karakter religius yang terbentuk meliputi pengetahuan agama, adab, akhlak, sikap spiritual, dan partisipasi dalam kegiatan keagamaan. Faktor pendukung meliputi lingkungan keluarga, sekolah, serta sarana dan prasarana, sedangkan faktor penghambat mencakup kurangnya kesadaran siswa dan kondisi psikologis yang tidak stabil pada beberapa siswa.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wilanti Ahmad
Date Deposited: 14 Nov 2024 02:06
Last Modified: 14 Nov 2024 02:06
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item
View Item