INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI LAGU QUR-ANY DI PONDOK PESANTREN AL-URWATUL WUTSQO JOMBANG

Fitri, Annisya and Indana, Nurul (2025) INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI LAGU QUR-ANY DI PONDOK PESANTREN AL-URWATUL WUTSQO JOMBANG. S1 thesis, STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.

[thumbnail of 2021.112.01.4938_Cover.pdf] Text
2021.112.01.4938_Cover.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4938_ ABSTRAK.pdf] Text
2021.112.01.4938_ ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4938_BAB I.pdf] Text
2021.112.01.4938_BAB I.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4938_ BAB II.pdf] Text
2021.112.01.4938_ BAB II.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4938_BAB III.pdf] Text
2021.112.01.4938_BAB III.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4938_BAB IV.pdf] Text
2021.112.01.4938_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[thumbnail of 2021.112.01.4938_BAB V.pdf] Text
2021.112.01.4938_BAB V.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 2021.112.01.4938_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
2021.112.01.4938_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)

Abstract

Pendidikan akhlak memiliki peran sentral dalam membentuk karakter
peserta didik, khususnya di lingkungan pesantren. Akhlak menjadi indikator
keberhasilan pendidikan Islam karena mencerminkan integrasi antara ilmu, iman,
dan amal. Namun, realitas menunjukkan masih adanya degradasi moral, termasuk
di pesantren, seperti kedisiplinan yang rendah, kurangnya penghormatan kepada
guru, dan perilaku santri yang belum mencerminkan akhlak Islami. Hal ini
menunjukkan perlunya pendekatan kreatif dalam menanamkan nilai-nilai akhlak.
Salah satu inovasi yang dikembangkan di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo
Jombang adalah melalui lagu Qur-any, yaitu lagu Islami yang syairnya bersumber
dari nilai-nilai Al-Qur’an dan ajaran Islam. Lagu ini dinilai efektif karena mudah
diingat, menyentuh emosional, dan memotivasi santri untuk menginternalisasi
nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)
mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai akhlak melalui lagu Qur’any di
Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo Jombang, dan (2) mendeskripsikan dampak
internalisasi nilai-nilai akhlak melalui lagu Qur-any terhadap kehidupan santri.
Internalisasi akhlak dipandang penting karena pendidikan pesantren tidak hanya
berorientasi pada pengetahuan, tetapi juga pada penghayatan dan pengamalan
nyata dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian meliputi pengasuh,
ustazah, dan santri. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi,
dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dijaga melalui triangulasi sumber
dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai akhlak
melalui lagu Qur-any berlangsung dalam tiga tahap. Pertama, moral knowing,
yaitu santri memperoleh pengetahuan tentang nilai-nilai akhlak melalui syair lagu
yang berisi ajaran Islam. Kedua, moral loving, yaitu santri mulai menghayati,
mencintai, dan menghargai nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam lirik lagu.
Ketiga, moral doing, yaitu santri mempraktikkan nilai-nilai tersebut dalam
kehidupan sehari-hari, seperti disiplin ibadah, pengendalian diri, cinta kebaikan,
dan konsistensi amal saleh. Dampak internalisasi ini terlihat pada perubahan
sikap, penguatan spiritualitas, dan terbentuknya kebiasaan positif santri

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur fatimah ali
Date Deposited: 26 Oct 2025 15:54
Last Modified: 26 Oct 2025 15:54
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item
View Item