Implementasi Kegiatan Pembiasaan peserta didik di MTs Raden Rahmat Selorejo Mojowarno

Setyawati, Heni and Winarti, Ika (2024) Implementasi Kegiatan Pembiasaan peserta didik di MTs Raden Rahmat Selorejo Mojowarno. S1 thesis, STIT AL URWATUL WUTSQO JOMBANG.

[thumbnail of 2020.112.01.4345_COVER.pdf] Text
2020.112.01.4345_COVER.pdf

Download (839kB)
[thumbnail of NIM 2020.112.01.4345_ABSTRAK.pdf] Text
NIM 2020.112.01.4345_ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of NIM 2020.112.01.4345_BAB I.pdf] Text
NIM 2020.112.01.4345_BAB I.pdf

Download (417kB)
[thumbnail of NIM 2020.112.01.4345 _BAB II.pdf] Text
NIM 2020.112.01.4345 _BAB II.pdf

Download (541kB)
[thumbnail of NIM_2020.112.01.4345 BAB III.pdf] Text
NIM_2020.112.01.4345 BAB III.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of NIM_ 2020.112.01.4345 BAB IV.pdf] Text
NIM_ 2020.112.01.4345 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB) | Request a copy
[thumbnail of NIM 2020.112.01.4345_BAB V.pdf] Text
NIM 2020.112.01.4345_BAB V.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of NIM_2020.112.01.4345 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
NIM_2020.112.01.4345 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Implementasi kegiatan pembiasaan dalam mengatasi krisis moral peserta didik merupakan upaya sistematis untuk membentuk karakter dan memperkuat nilai-nilai moral di kalangan siswa. Kegiatan pembiasaan diharapkan dapat menjadi solusi yang efektif dalam menghadapi tantangan krisis moral di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bentuk-bentuk kegiatan pembiasaan di MTs Raden Rahmat Selorejo Mojowarno; (2) Perencanaan kegiatan pembiasaan di MTs Raden Rahmat Selorejo Mojowarno; (3) Pelaksanaan kegiatan pembiasaan di MTs Raden Rahmat Selorejo Mojowarno; (4) Evaluasi kegiatan pembiasaan di MTs Raden Rahmat Selorejo Mojowarno. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data dilakukan dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk kegiatan pembiasaan meliputi: a) kegiatan rutin seperti sholat dhuha, membaca Al-Qur’an, tahlil, dan istighosah; b) kegiatan spontan yang masih diterapkan oleh sebagian peserta didik; c) pemberian keteladanan oleh guru yang terlibat langsung dalam kegiatan pembiasaan; d) kegiatan terprogram, seperti sholat dhuha, membaca Al-Qur’an, tahlil, istighosah, dan program tahunan kultum pada bulan Ramadhan; (2) Perencanaan kegiatan pembiasaan dilakukan melalui rapat, penyediaan sarana, dan keterlibatan guru; (3) Pelaksanaan kegiatan pembiasaan berupa pelaksanaan rutin sholat dhuha berjama’ah, membaca juz amma, tahlil, dan istighosah; (4) Evaluasi dilakukan dengan cara membuat absensi kehadiran, menambah nilai, dan memberikan hukuman.

Item Type: Thesis (S1) (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Setiawati
Date Deposited: 14 Nov 2024 01:59
Last Modified: 14 Nov 2024 01:59
URI: http://digilib.stituwjombang.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item
View Item